Minggu, 20 Oktober 2019

Bagaimana Mengamati Gerhana Matahari Dengan Aman?

MTerkini.com, SULUT – Melihat matahari secara langsung pada saat fase Gerhana Matahari Total terjadi (GMT) adalah tidak berbahaya. Tetapi akan menjadi sangat berbahaya jika kita melihat secara langsung pada saat terjadi Gerhana Matahari Sebagian dengan durasi yang lama.

Menurut realis Badan Meteorologi Klimantologi dan Geofisika, Untuk daerah Sulawesi Utara yang dilintasi oleh Gerhana Matahari sebagian, maka sebaiknya masyarakat melihat fenomena ini TIDAK secara langsung dalam waktu yang lama.

Melihat gerhana matahari sebagian dengan secara langsung dapat menyebabkan paparan cahaya matahari dengan instensitas tinggi dapat merusak mata.

Untuk dapat melihat dengan aman, dapat menggunakan penapis cahaya seperti kacamata gerhana, atau kacamata dengan filter khusus untuk melihat matahari.

Pilihan yang lain adalah dengan menggunakan Kotak Pinhole, alat sederhana yang dapat digunakan untuk mengamati gerhana matahari. Rabu (9/3/2016) daerah Sulawesi Utara akan dilintasi gerhana matahari. BMKG berharap warga bisa melihat secara langsung dengan memakai lensa kacamata atau bisa langsung melihat live streaming di situs BMKG. (bmkgsulut/chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*