Minggu, 20 Oktober 2019

Dinkes Tomohon Sukseskan PIN Polio 2016

PolioMTerkini.com, TOMOHON – Imunisasi merupakan upaya pencegahan yang terbukti sangat efektif karena banyak kematian dan kecacatan yang disebabkan penyakit dapat dicegah dengan imunisasi.

Eradikasi polio secara global akan memberi keuntungan secara finansial dengan biaya jangka pendek yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan eradikasi, tidak akan sebanding dengan keuntungan yang akan didapat jangka panjang. Sebab tidak akan ada lagi anak-anak yang menjadi cacat karena polio, sehingga biaya yang diperlukan untuk rehabilitasi penderita polio dan biaya untuk imunisasi polio dapat dikurangi.

Kebijakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) berdasarkan hasil pertemuan pada tanggal 20-23 Oktober 2014 lalu yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan bersama WHO, UNICEF dan melibatkan para pakar dan akademisi serta organisasi profesi, maka direkomendasikan untuk melakukan imunisasi polio pada anak usia 0-59 bulan atau anak Bawah Lima Tahun (Balita) untuk memberikan perlindungan yang optimal bagi seluruh anak terhadap virus polio.

Untuk menyukseskan PIN Tahun 2016 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengundang seluruh warga masyarakat Kota Bunga, agar membawa anak berumur 0-59 Bulan atau Balita ke pos-pos yang telah disediakan.

“Mari kita sama-sama menunjang program pemerintah, sekaligus penyakit anak yang disebabkan tidak di imunisasi,” ujar Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekertaris Dinkes Tomohon dr Jhon Lumopa.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*