Minggu, 21 Juli 2019

Umat Islam di Manado Sholat Kusuf Menyambut GMT

sholad d mesjidMTerkini.com, MANADO — Umat Islam di Kota Manado, Rabu (9/3/2016) mendatangi Masjid Raya Ahmad Yani dalam rangka melaksanakan sholat Kusuf berjamaah.

Umat Muslim Kota Manado sangat antusias menyambut fenomena alam gerhana matahari yang terjadi dilangit Manado walau tidak total.

Dalam sholat ini, Masjid Ahmad Yani turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulut Drs. H. Suleman, MPd didampingi sang istri Ketua DWP Kemenag Sulut Ir. Hj. Darussaadah Paransa, MSi berbaur bersama jamaah untuk melaksanakan sholat.

“Ini sejarah, untuk pertama kali kita menyelenggarakan sholat Kusuf di Masjid Raya,” ungkap Kakanwil.

Menurutnya Sholat Kusuf (Gerhana Matahari-red) adalah sesuatu yang langkah atau jarang terjadi. Fenomena alam ini hanya terjadi dalam kurun waktu tertentu. “Gerhana matahari mungkin akan terjadi dalam 33 tahun lagi,” terangnya.

Suleman menjelaskan bahwa ketika terjadi gerhana matahari umat Islam dianjurkan melaksanakan sholat Kusuf berjamaah.

“Matahari dan bulan adalah dua tanda diantara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakan shalat dan bersedekalah,” urai Suleman, mengutip terjemah hadits riwayat Bukhari.

Tampil sebagai imam H. Mutaal Mantemas, SAg dan khatib KH. Yaser Bin Salim Bachmid, Lc. (kemenagsulut/chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*