Senin, 14 Oktober 2019

Tahun Ini, Pemkab Minsel Siap Raih Adipur

MTerkini.com, AMURANG-Berkaca dari kegagalan tahun lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) lebih menggiatkan upaya penyebarluasan informasi untuk terus menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

Selain peran serta masyarakat luas, juga Instansi Teknis terkait yang menangani persiapan Penilaian Adipura terus memantau semua yang menjadi masalah kegagalan waktu lalu sehingga Minsel tidak dapat meraih Piala Adipura dan hanya menerima Piagam Adipura.

Kepala Kantor Pengelola Kebersihan dan Pertamanan (KPKP) Minsel Meyti Adi Tumbuan SE mengatakan, kegagalan waktu lalu akibat naiknya passing grade dari 74 menjadi 75 sehingga Minsel tidak meraih Adipura.

“Padahal kenaikan hanya satu digit, namun kita tidak dapat berbuat apa-apa,” ujar Tumbuan.

Lanjut Dia, hal itu hanya karena tidak dipisahnya sampah basah dan kering serta banyaknya sampah di selokan yang menjadi penyebab berkurangnya nilai yang diperoleh.

“Saat ini terus dipantau kebersihan saluran air disamping kebersihan lingkungan secara umum, demikian pula sungai agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah limbah rumah tangga ke sungai,” tukasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Kantor Lingkungan Hidup (LHK) Minsel B Polii.

Menurut Dia, sampai saat ini BLH dan KPKP terus berupaya mensosialisasikan ke lurah dan Hukum tua (Kumtua) agar tiba saat Penilaian Tahap I, pemerintah telah siap secara keseluruhan.
“Kegagalan tahun lalu menjadi pengalaman berharga, saat ini Pemkab terus berbenah dan siap meraih Adipura,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*