Selasa, 23 Juli 2019

Harga Cabai di Boltim Naik Tiga Kali Lipat

cabeMTerkini.com, TUTUYAN – Harga cabai di pasar Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai naik lagi. Demikian penuturan salah satu pedagang di pasar Kotabunan Eda Darmin bahwa, harga cabai naik hingga tiga kali lipat.

“Sudah sekitar Tiga hari ini harga cabe naik sampai Rp 80 ribu per kilogram, padahal sebelumnya hanya Rp 25 ribu perkilogram,” ungkapnya.

Dirinya menerangkan, belum mengetahui secara pasti penyebap naiknya harga cabai tersebut. Namun beberapa bahan rempah – rempah lain seperti, tomat, bawang putih, dan bawang merah harganya masih stabil.

“Tomat malah hanya Rp 5 ribu perkilogram, bawang putih naik dari Rp 25 ribu jadi Rp 35 ribu. Sedangkan, bawang merah harganya masih tetap,” imbuhnya.

Hal yang sama dikatakan pedagang lainnya Nova Nuang, Dia mengatakan bahwa, harga cabai miliknya sempat naik awal pekan ini hingga mencapai Rp 90 ribu perkilogram.

“Tapi itu sudah saya turunkan menjadi Rp 75 ribu per kilo,” ujarnya kepada manadoterkini.com.

Diapun menduga, kenaikan harga cabai ini disebabkan berkurangnya stok yang ada. Akibat aksi borong cabai oleh pedagang dari luar Boltim.

“Kelangkaan yang menyebabkan kenaikan harga cabai yang kami beli dari petani langsung kelihatannya sudah kehabisan stok. Apalagi pasokan dari luar daerah kami dengan mengalami kekosongan,” jelasnya.

Adapun imbas dari naiknya harga cabai ini menyebabkan warga beralih ke cabai kering yang harganya lebih murah yakni Rp 45 ribu per kilogram sedangkan perliter hanya sekisar Rp. 15 ribu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Boltim Mukhtar Limbanadi saat dikonfirmasi manadoterkini.com membenarkan hal tersebut.

Menurut Dia, kenaikan harga cabai ini kemungkinan hanya bersifat sementara. Sebab menurutnya panen cabai di Boltim sampai saat ini masih tetap ada.

“Naiknya harga cabai tersebut disebabkan aksi borong pembeli dari luar Boltim. kenaikkan harga ini kemungkinan hanya sementara,” kata Limbanadi.
Diapun mengaku akan segera menurunkan tim untuk mengecek kembali kenaikan harga – harga cabai di sejumlah pasar yang ada di Boltim.(dyr)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*