Senin, 14 Oktober 2019

10,6 Miliar Dana BOS Triwulan I Segera Masuk Rekening Sekolah

oliviaMTerkini.com, AMURANG – Saat ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dalam waktu dekat ini akan segera menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan I tahun 2016 ini.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dikpora Minsel Ollyvia Lumi SSTP MSi kepada sejumlah wartawan.
Menurut Lumi mengatakan, dana BOS triwulan I yang akan dicairkan sebesar Rp 10.691.000.000 untuk semua sekolah. Rincian SD Rp 4.800.400.000, SMP Rp 2.927.500.000, SMA Rp 1.538.600.000 dan SMK Rp 1.424.500.000.

Penyaluran dana BOS ini segera ditransfer ke masing-masing rekening sekolah. Namun, sebelumnya sekolah harus memasukkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan BOS triwulan IV 2015 dan akan divalidasi.

“Memang LPJ tentang apa yang mereka buat harus divalidasi. Begitu juga pelaporan sistem online. Pelaporan ini bukan hanya di kementerian bisa saja sampai kementerian keuangan dan presiden. Dalam hal penggunaan dana BOS, kita hanya melakukan monitoring di lapangan kebenaran penggunaan itu melalui uji petik. Selain itu kita juga membuat dan menyampaikan laporan realisasi penyaluran dana BOS ke Tim BOS Pusat,” ujarnya.

Dia juga meminta kepada para Kepsek penerima dana BOS tersebut agar segera mempersiapkan LPJ dana BOS triwulan I.

“Ini untuk kelancaran proses pencairan dana BOS triwulan II periode April sampai Juni,” pintanya.

Kepada para Kepsek Dia juga berharap agar dapat meningkatkan sistem pengelolaan dana BOS dengan berpedoman pada ketentuan peraturan Mendiknas Nomor 37 tahun 2010 tentang petunjuk teknis dan pejunjuk pelaksanaan dana BOS agar tidak terjadi permasalahan dimasa mendatang.

“Ini sangat penting agar para kepsek tidak terjerat masalah hukum dan melaksanakan pedoman penggunaan dana BOS sesuai aturan yang berlaku,” harapnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*