Senin, 22 Juli 2019

Hari Ini, 580 Siswa SMAN 1 Manado Selesai Ikut Ujian Akhir Sekolah

manadoMTerkini.com, MANADO – Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Manado sementara berlangsung Ujian Akhir Sekolah (UAS).

“Ujian akhir sekolah mulai dilaksanakan senin lalu (14/3/2016) dan berakhir pada hari ini jumat (18/3/2016),” kata Wayang Semerta Humas SMA Negeri 1 Manado, Jumat (18/3/2016).

Wayan menjelaskan, Ujian Akhir Sekolah ini berjalan dengan baik dan lancar walaupun ada siswa yang ijin tidak bisa ikut UAS dikarenakan sakit.

“Ada satu siswa tidak bisa ikut UAS karena sedang sakit. Laporan kepada kami, siswa tersebut sedang sakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Sesuai dengan data yang didapat, peserta UAS tahun 2016 di SMA Negeri 1 Manado tercatat 580 peserta, yang terbagi di beberapa jurusan yaitu jurusan bahasa, jurusan IPA dan jurusan IPS.

Sedangkan untuk ujian sekolah semua mata pelajaran di ujikan, karna ketentuan yang baru. ujian sekolah adalah alat evaluasi yang menentukan kelulusan sekolah.

“Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, yang menentukan kelulusan adalah ujian Nasional untuk tahun lalu, dan tahun ini yang menentukan kelulusan adalah nilai rata-rata semester di tambah dengan hasil ujian sekolah. Sedangkan ujian sekolah itu di gunakan pemerintah pusat sebagai bahan pemetaan tentang kwalitas sekolah di seluruh indonesia . Dan hasil ujian nasional itu digunakan untuk melihat di mana posisi sekolah di tingkat kecamatan, kabupaten kota, sampai di tingkat propinsi dan tingkat nasional,” jelas Wayan.

Lanjut Wayan, 580 peserta Ujian Akhir Sekolah di SMA Negeri 1 Manado tidak di kenakan biaya apa pun yang di tambahkan oleh peserta didik untuk bisa mengikuti ujian sekolah. “Tidak ada pungutan,” singkatnya.

Pantauan manadoterkini.com, jumat siang (18/3/2016) sekitar pukul 10.00 wita nampak peserta UAS sedang berada dalam ruangan kelas mengikuti Ujian Akhir Sekolah. (cia/chris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*