Sabtu, 20 Juli 2019

Disambut Antusias Umat, Arakan Salib IYD Tiba di Gereja Katolik Rex Mundi Tambelang

MTerkini.com, AMURANG – Salib Indonesian Youth Day (IYD) atau biasa disebut hari Orang Muda Katolik (OMK) akhirnya tiba di Gereja Katolik Rex Mundi Tambelang, Kecamatan Maesaan Kabupaten Minahasa Selatan.

manado

Sebelumnya Salib IYD ini tiba di Paroki Santa Perawan Maria Ratu Rosario Modoinding, Jumat (18/3/2016) lalu, yang sebelumnya diestafet dari Paroki Kotamobagu, Bolaang Mongondow.

Kedatangan Salib IYD ini disambut antusias oleh OMK Rex Mundi Tambelang Minggu (20/3/2016) sekitar pukul 15.45 Wita. Bahkan bukan hanya OMK saja, tapi juga disambut oleh umat Katolik Rex Mundi Tambelang, Pemerintah Desa Tambelang, Kapolsek Tompaso Baru yang kemudian setelah diadakan prosesi penyambutan, langsung diarak oleh umat Katolik menuju Gereja Katolik Rex Mundi Tambelang dengan jalan kaki.

Sebelum sampai di Desa Tambelang, Salib IYD ini diarak umat Katolik Paroki Maria Ratu Rosari Modoinding dengan ratusan kendaraan motor danengan dihias sayuran-sayuran yang merupakan hasil bumi Kecamatan Modoinding disertai ratusan salib berukuran kecil.

manado

“Salib IYD ini dari Modoinding, kami hanya mengantarnya dan selanjutnya akan diteruskan lagi ke desa lainnya usai bermalam di Gereja Katolik Rex Mundi Tambelang,” ujar Vember Momongan peserta arak-arakkan dari Modoinding.

Menurut informasi yang diterima manadoterkini.com, salib IYD ini selesai di arak di Desa Tambelang akan diarak di Desa Kinamang, Desa Liningaan dan selanjutnya ke Desa Pinaesaan Kecamatan Tompaso Baru.

“Salib IYD ini akan diarak di Desa Tambelang dan di jaga umat di Gereja Katolik Rex Mundi Tambelang dan besoknya akan ke Desa lainnya,” ujar beberapa umat saat arak-arakan berlangsung.

Selanjutnya pada malam ini Umat akan melakukan Tuguran atau biasa disebut berjaga bersama Yesus seperti di Taman Getsemani. Biasanya dilakukan umat Katolik di Kamis Putih, malam sebelum Jumat Agung. Terlihat Umat Katolik sangat menghayati arak-araka salib IYD ini. (red)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*