Selasa, 15 Oktober 2019

Pemkab Boltim Gelar Bimtek Laporan Keuangan SKPD Berbasis Akrual

MTerkini.com, TUTUYAN-Bertempat di lantai III Kantor Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada Senin (21/03) siang tadi, Pemerintah Kabupten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan laporan keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berbasis Akrual.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Boltim, Rusdi Gumalangit ini dihadiri oleh seluruh pimpinan SKPD, pengelola keuangan serta narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Gumalagit dalam sambutan pada kegiatan tersebut, memberi himbauan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti dengan baik pelaksanaan Bimtek.

“Sebab, DPPKAD saja masih terus belajar dan belum bisa menguasai seratus persen sistem pelaporan keuangan dengan metode baru ini. Jadi diminta keseriusannya dalam mengikuti Bimtek,” ujarnya.

Dirinya meyakini bahwa, di dalam struktur pemerintahan Boltim, masih banyak yang belum memahami bahkan salah dalam menerapkan sistem penyusunan laporan berbasis akrual ini

“Jadi, tidak hanya pengelola keuangan di suatu SKPD saja yang harus memahami sistem pelaporan keuangan. Melainkan para pimpinan Instansi juga harus tahu. jangan hanya mengandalkan otoritas saja sementara, diri sendiri tidak mengerti. hal ini bisa berdampak buruk pada pelaporan dan pemeriksaan dari tim BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) nantinya,” jelasnya.

Dirinyapun berharap agar materi yang didapat dari Bimtek bisa sinergi dengan apa yang diaplikasikan nanti dalam masa penyusunan laporan keuangan.

“Karena apa yang menjadi hasil dari penjabaran laporan keuangan di masing-masing SKPD nanti tentunya, itu yang akan menjadi acuan pada saat laporan keuangan daerah,” Harapnya.(dyr)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*