Selasa, 15 Oktober 2019

Bupati Panambunan Buka MTQ ke-26 Tingkat Kabupaten Minut

Minut

Bupati dan Wabup didampingi Sarhan Antili pada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Minut

MTerkini.com, AIRMADIDI – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 Tingkat Kabupaten Minut, Selasa (29/3/2016) malam, resmi dibuka Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, didampingi Wakil Bupati Ir Joppy Lengkong.

MTQ yang dilaksanakan di Masjid Jami Istiqlal, diharapkan dapat melahirkan kafilah-kafilah muslim asal Minut yang akan berkiprah di tingkat yang lebih tinggi baik nasional maupun internasional.

“Pelaksanaan MTQ diharapkan lebih mempererat kebersamaan antar umat beragama. Dan kita harus terus menjaga tali persaudaraan yang telah terbina sejak dahulu,” kata Panambunan, sembari mengucapkan selamat berlomba kepada seluruh peserta.

Pada kesempatan membuka perlombaan, Bupati Panambunan juga mensosialisasikan visi misi pemerintah, dengan mengedepankan motto ‘Mengasihi Melayani dan Mensejahterakan’. Bupati juga menyerahkan bantuan sebesar Rp20 juta kepada panitia MTQ.

“Program Pemerintah kedepan adalah untuk kepentingan kesejahteraan rakyat Minahasa Utara. Melalui program agribisnis, pertanian, pariwisata dan program pro rakyat lainnya untuk pembangunan kedepan,” ujar Bupati Panambunan didampingi Wabup Ir Joppy Lengkong, yang kemudian menyanyikan shalawat badar yang disambung dengan nyanyian lagu hidup rukun dan damai.

Ketua Panitia Halid Adam menyatakan, perlombaan MTQ yang berlangsung sejak 29-31 Maret adalah lomba membaca Alquran, dimana seni membacanya yang dinilai berdasarkan pedoman yang telah ditentukan.

“Pelaksanaan MTQ ini bertujuan untuk meningkatkan semangat kerukunan umat beragama, dan mencari qori dan qoriah terbaik se-Minut,” ujarnya, seraya menambahkan cabang-cabang lain yang dilombakan selain Tilawah Quran, dimulai dari kelompok anak-anak, remaja, dewasa, hafalan Quran, Tafsir Alquran, Syar’i dan Kaligrafi.

Sementara itu, Ketua LPTQ Sarhan Antili, dalam sambutanya mengatakan penyelanggaran MTQ kabupaten selain mencari generasi Islam yang cakap dan tanggap dalam mengaji dan mengkaji Alquran. Kegiatan ini juga dapat memotivasi umat untuk mengaplikasikan nilai-nilai luhur Alquran.

“Diharapkan islam sebagai umat rahmatan lil alamain (rahmat bagi semesta alam,red) benar-benar diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata Antili.

Selain Bupati Panambunan dan Wabup Lengkong, hadir juga Kapolres Minut AKBP Eko Irianto, Kakandepag Minut Pdt Jhoni Tilaar dan Kandepag Sulut. Pada kesempatan ini juga dilakukan pelantikan dewan hakim dan panitera yang bertugas memberikan penilaian penyelenggaran sampai MTQ selesai.(Pow)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*