Selasa, 22 Oktober 2019

Bahas Perencanaan Pemanfaatan Energi, Kaban Assa Terima Kunjungan Tim Kementerian SDA

manado

Kaban Bart Assa ST MSc PhD

manadoterkini.com, MANADO – Kepala Bappeda Manado, Peter Assa, didampingi oleh Sekretaris Bappeda, Remmy Sumilat dan Kepala Bidang Fisik dan Prasarana, Rainer Pangemanan, Selasa (2/3/2016) menerima kunjungan kerja Tim Kementerian SDM yang dipimpin oleh Hamid dan Yakoba Ruru.

Dalam pertemuan tersebut dibahas data-data pemanfaatan energi, penggunaan energi terbarukan, pengurangan emisi gas buang, potensi-potensi energi, dan energi untuk mendukung Smart City Kota Manado.

Kaban Assa dalam kesempatan tersebut sangat mendukung dan terbuka terkait tujuan dari Tim Kementerian SDM ini yaitu untuk mengumpulkan data-data energi Kota Manado yang nantinya akan bermanfaat untuk penyusunan perencanaan energi di Kota Manado.

Kaban Assa juga menyatakan bahwa saat ini Kota Manado telah mulai menggunakan energi-energi terbarukan dalam pembangunan di Kota Manado misalnya penggunaan energi matahari melalui lampu-lampu jalan yang menggunakan solar cell.

Terkait pengurangan emisi gas buang kendaraan bermotor, Kaban Assa menyampaikan bahwa Pemkot Manado telah berencana tidak lagi mengeluarkan izin kendaraan untuk kendaraan-kendaraan yang telah berumur tua yang menghasilkan emisi gas buang yang tinggi.

“Pemkot Manado nantinya akan memasang alat-alat yang berguna untuk mengukur gas buang di beberapa titik di Kota Manado yang telah dilengkapi dengan teknologi smart city,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Yakoba Ruru, selaku perwakilan Kementerian SDM tingkat Provinsi SULUT yang memimpin tim SDM ini mengatakan bahwa Kota Manado merupakan salah satu dari 33 Kota di Indonesia yang di pilih oleh Pemerintah Pusat untuk melakukan perencanaan pemanfaatan energi karena melihat perkembangan dan potensi dari pemanfaatan dan konservasi energi di Kota Manado

Yakoba Ruru juga mengatakan Kementerian SDM melalui konsultan yang hadir akan memberi bantuan berupa membimbing kepada Pemkot Manado untuk menyusun rencana pemanfaatan energi termasuk penggunaan energi terbarukan yang akan sejalan dengan kesepakatan konverensi perubahan iklim di Paris baru-baru ini.(ald/bappeda)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*