Selasa, 15 Oktober 2019

Sekda dan Kaban Bappeda Hadiri Rakornas Singkronisasi Data Kemiskinan

bart assa

Kaban Bappeda Bart Assa

manadoterkini.com, MAKASSAR – Sebagai bentuk dukungan dan perhatian pada program penanggulangan kemiskinan, dan mewakili ketua tim koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Manado, serta mendampingi Sekda Kota Manado — Haefrey Sendoh, Kepala Bappeda — Peter Assa bersama Kadis Sosial Manado — Frans Mawitjere, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sinkronisasi Data Kemiskinan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Rakornas yang dilaksanakan pada Jumat (4/3/2016) ini, dibuka secara resmi oleh Menteri Sosial RI — Khofifah Indar Parawansa. Dalam pertemuan tersebut Menteri Kofifah seperti dikutip dari Antara mengatakan bahwa Kementerian Sosial (Kemensos) RI akan mengakhiri rezim beda data kemiskinan antarlembaga, kementerian, dan pemerintah daerah yang selama ini terjadi.

“Pekan depan. Kemensos akan menetapkan data fakir msikin yang menjadi rujukan bagi seluruh kementerian, seluruh lembaga, seluruh pemerintah provinsi, dan seluruh pemerintah kabupaten/kota dalam melakukan program-program intervensi untuk masyarakat miskin. Artinya, penetapan data fakir miskin ini akan mengakhiri rezim beda data,” kata Menteri Khofifah.

Menteri Khofifah menjelaskan bahwa data terkait kemiskinan dari kementerian, lembaga, pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota selama ini sering kali berbeda.

Oleh karena itu, lanjutnya, maka pada periode 2015 lalu, Kemsos berkoordinasi dengan BPS dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bertekad untuk mengakhiri rezim beda data ini.

Menteri Khofifah juga mengatakan penetapan data fakir miskin ini adalah amanat dari UU No. 13 tahun 2011.

“Data ini akan diupdate setiap dua tahun sekali, kecuali untuk data PBI-JK (Penerima Bantuan Iuran – Jaminan Kesehatan) yang akan diupdate setiap enam bulan sekali,” kata dia

Rakornas Sinkronisasi Data Kemiskinan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan di Four Points Hotel ini, rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 1 Maret sampai 5 Maret 2016.(tim/bappeda)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*