Minggu, 20 Oktober 2019

Pelajari E-Sakip, Pemkab Boalemo Kunjungi Bappeda Manado

manadoterkini.com, MANADO - Bappeda Manado melalui Kabid Monev– Freddy Telew, Kamis (17/3) menerima kunjungan kerja dari Kabupaten Boalemo yang terdiri dari Anggota DPRD, Assisten II, Inspektur, dan Kepala Bappeda Boalemo.

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan penuh keakraban ini, Tim Boalemo menyampaikan bahwa tujuan kunjungan mereka yaitu untuk mengetahui lebih dalam Sistem Informasi e-Sakip yang diterapkan di Pemkot Manado, untuk dijadikan sebagai referensi mereka dalam membangun Sistem Informasi Lakip di Kabupaten Boalemo.

Kabid Monev pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Lakip di Kota Manado dikelola oleh Bappeda, dan Bagian Organisasi dan Kepegawaian (Orpek) Setda, dimana bagian pelaporan ditangani oleh Bagian Orpek dan Sistem Informasi e-Sakip di kelola oleh Bappeda.

Beliau menjelaskan Sistem Informasi e-Sakip Kota Manado, telah diterapkan sejak tahun 2013 yang diinisiasi oleh Bappeda Manado.

“Sistem ini berisi Rensra SKPD, IKU SKPD, Rencana Kerja Tahunan, Capaian dan Sasaran anggaran, serta fitur lainnya, yang penginputannya dilakukan oleh masing-masing operator SKPD” lanjutnya.

Sementara itu Kasubag. Kelembagaan & Analisa Formasi Jabatan, Orpek– Steven Tuwondila, menyampaikan, pada tahun ini Kota Manado berhasil memperoleh penghargaan Lakip dari Kemenpan-RB dengan nilai tertinggi se-Jatim dan Sulawesi yaitu sebesar 68,61 yang naik dari tahun sebelumnya.

Steven Tuwondila juga mengatakan bahwa kedepannya sistem informasi e-Sakip Kota Manado akan terus ditingkatkan kemampuannya sehingga bisa menjangkau penilaian sampai ke staf-staf dan tidak berhenti hanya pada Pejabat Esalon II.(tim/bappeda)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*