Selasa, 12 November 2019

Wabup : Pilkades Serentak di Boltim Bulan Desember

Wabup Boltim

Rusdi Gumalangit

MTerkini.com, TUTUYAN – Sekitar 65 Desa dari 80 desa yang ada di Kabupaten Bolaang mongondow Timur (Boltim) pada bulan Desember mendatang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak.

Kepastian tersebut diungkapkan lansung oleh wakil Bupati (Wabup) Boltim Rusdi Gumalangit saat bersua dengan sejumlah wartawan. “Kemungkinan kepastian pelaksanaannya akhir tahun atau bulan desember,” kata.

Dirinya menjelaskan, peluang akan sangat kecil jika pelaksanaan Pilsang dilakukan pertengahan Tahun ini. sebab, menurutnya pengesahan Peraturan daerah (Perda) hingga pelaksanaan tahapan akan butuh waktu yang cukup lama.

“Terlebih dahulu akan dibentuk Panpel Panitia Pelaksana (Panpel) tingkat kabupaten. belum lagi sosialisasi mengenai pelaksanaan Pilsang sesuai Perda dan Peraturan Bupati (Perbup) apalagi ke 65 desa itu harus disosialisasikan terlebih dulu,” jelas mantan kepala BPMPD Boltim ini

Adapun alasan sehingga pelaksanaan Pilsang di gelar Desember mendatang yakni selain kesiapan pengalokasian dana sudah matang berdasarkan permintaan dari Panpel, ke 65 desa tersebut juga memiliki banyak waktu untuk menyiapkan semua kebutuhan sebelum pelaksanaannya.

“Kalau pelaksanaan Desember, para Sangadi terpilih mengawali masa kerja di Tahun anggaran yang baru. Selain itu, sudah tidak ada hambatan lagi karena semua sudah matang,” tambahnya

Terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) Boltim, Arsyad Mamonto ketika di konfirmasi soal pelaksanaan Pilsang menuturkan bahwa, awalnya hanya 61 desa melaksanakan Pilsang. namun, Agustus mendatang ada empat Sangadi definitif masa jabatannya akan habis.

“Jadi, keempat Sangadi desa difinitif yang akan berakhir masa jabatannya Agustus ini yakni, Sangadi Desa Bukaka, Liberia, Liberia Timur dan Purworejo, sehingga, diikutsertakan dalam Pilsang serentak Tahun ini,” pungkasnya.(wan/dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*