Rabu, 20 November 2019

Lomban – Mantiri Menghadiri Rakor “Membangun Sulut”

manadoMTerkini.com, BITUNG - Walikota Bitung Maxmilian J Lomban,SE,M.Si dan Wakil Walikota Bitung Ir Maurits ‎Mantiri menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) bersama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut) bersama ‎Jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten/Kota Se Sulut, Rakor ini sendiri dipimpin langsung Gubernur Sulut ‎Olly Dondokambey, SE yang dilaksanakan di Ballroom 3, Hotel Fairmont Senayan, ‎Jakarta Pusat, pada Jumat (08/04/2016).

Rakor ini bertujuan untuk membuat Sulut lebih maju ‎lagi, dimana terealisasinya hal tersebut sangat bergantung pada Kerja ‎sama yang baik antara Pemprov dan Pemerintah ‎Kab/Kota.
“Pak Gubernur mengatakan eksekutif dan legislatif harus jalan ‎bersama dalam membangun Sulut dan berusaha semaksimal mungkin menghindari ‎terjadinya kebersinggungan,” tutur Lomban.

Lanjutnya lagi, setiap daerah harus berbenah dengan mengagendakan ‎pembangunan sebagai prioritas utama, sebab dari tiga triliun anggaran yang ‎ada di Provinsi Sulut, hanya satu triliun yang akan di bagi ke ‎kab/kota se-Sulut, yang dalam pembagiannya tidak di samaratakan, melainkan mengedepankan skala prioritas.

“Artinya setiap daerah harus memiliki program perencanaan pembangunan yang ‎dipersiapkan secara matang dan diusulkan ke pemerintah provinsi, nanti ‎pemerintah Provinsi akan mempelajarinya, setelah itu dibahas bersama DPR baru kemudian ditentukan berapa besaran dana yang akan diberikan ke daerah ‎tersebut,” ungkapnya

Sementara itu, Manado dan Bitung menjadi target utama pemerintah pusat untuk ‎membangun Indonesia Timur. Hal tersebut merupakan hasil koordinasi antara ‎pemerintah pusat melalui Kementrian Ekonomi dan Maritim bersama Pemprov Sulut.

“Dari sembilan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ada di Indonesia, ‎KEK Bitung menjadi Prioritas utama bersama dengan pembangunan jalan tol ‎Manado-Bitung,” pungkasnya.(ref)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*