Jum'at, 15 November 2019

Besok, Bawaslu Sulut Gelar Penyampaian Hasil Akhir Pengawasan dan Bawaslu Sulut Award Tahun 2016

tmp_17664-IMG_20160411_1930291158498112

Ketua Bawaslu Sulut Herywn Malonda di dampingi Komisioner Johny Suak Saat Menggelar Konferensi Pers Terkait Kegiatan Bawaslu Sulut Award Tahun 2016. (Foto: chris/mt)

MTerkini.com, SULUT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menggelar Bawaslu Award dan Laporan Hasil Akhir Pengawasan. Hal tersebut dikatakan Ketua Bawaslu Sulut Herywn Malonda didampingi komisioner pengawasan dan penindakan Johnny Suak di kantor Bawaslu Sulut, Senin (11/4/2016) pukul 18.30 wita saat melakukan Media Gathering di Kantor Bawaslu Sulut di Jalan Raya Manado Tomohon.

“Besok (12/4/2016-red) Bawaslu Sulut akan melaksanakan pelaporan akhir pengawasan dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada mitra kerja Bawaslu didalamnya pemangku kepentingan didaerah,” kata Malonda.

Menurut Malonda hal ini sesuai dengan Undang-Undang nomor 15 Tahun 2011 menjelaskan mengenai masa tugas pengawasan berakhir 2 bulan setelah pelantikan. Ia mengatakan untuk pelantikan Gubernur dan wakil gubernur Sulut dilantik pada 12 Februari 2016 dan untuk Bupati dan Walikota beserta wakilnya dilantik pada 17 Februari 2016. “Berarti sangat jelas tugas pengawasan telah usai, kecuali 2 daerah yang sementara dalam tahap penyelesaian yakni Kota Bitung dan Kota Manado,” ujar Malonda.

Adapun kegiatan besok menurut Malonda, Bawaslu Sulut akan membubarkan Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten dan Kota di Sulut yang telah usai melaksanakan kegiatan. Kelima kabupaten dan Kota tersebut yakni Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. “Untuk Kota Bitung sementara tahap perampungan pasca pelantikan dan untuk Manado sementara proses menunggu pelantikan,” kata Herywn.

Selain membubarkan panitia pengawas di Kabupaten Kota, Bawaslu Sulut juga akan memberikan laporan pengawasan kepada Bawaslu RI terkait pengawasan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut. “Besok kami akan menyerahkan laporan ke Bawaslu RI. Sesuai rencana yang akan hadir adalah Ibu Endang,” pesan Malonda.

Sedangkan pemberian penghargaan akan diberikan kepada Panwaslu, Kepala Daerah, TNI/Polri dan media massa termasuk pengawas lapangan yang berperan dalam mengawasi pilkada di Sulut. “Tentunya penghargaan ini sebagai ucapan terima kasih Bawaslu kepada mitra kerja dan pemangku kepentingan terutama pers,” Kata Johnny Suak.

Ia meyakini dengan digelarnya kegaiatan ini akan memotivasi Bawaslu Sulut menatap Pilkada Sangihe dan Bolmong untuk lebih baik. Adapun kegiatan Penyampaian Hasil Akhir kepada Pemerintah dan DPRD serta publik besok, Selasa (12/4/2016) akan dilaksanakan di Hotel Swissbell Maleosan Manado. “Besok jam 19.00 Wita. Semua diundang yakni Kepala Daerah terpilih dan mantan calon,” Tambah Johny. (chris)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*