Selasa, 12 November 2019

Kumendong Pertengahan April Pemprov Gelar Musrembang RPJMD

Jimmy KumendongMTerkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulut pada pertengahan April nanti, akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dengan Pemerintah Kabupaten/kota. Hal itu di benarkan Kepala Bappeda Sulut Ir Roy O Roring MSi melalui Karo Pemerintahan dan Humas Dr Jemmy Kumendong MSi di ruang kerjanya, Selasa (12/03) kemarin.

Karo mengatakan, tujuan musrembang tersebut untuk menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah Provinsi dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional serta usulan program dan kegiatan hasil Musrembang Kabupaten/kota.

“Mengklarifikasi usulan program kegiatan yang relah disampaikan masyarakat kepada pemerintah serta mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan Provinsi dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan,” jelas Kumendong.

Kumendong mengatakan, proses penyusunan RKPD Provinsi Sulut Tahun 2017 telah dimulai dengan penyusunan draff rancangan awal RKPD Provinsi

Sulut oleh Bappeda sebagaimana diatur dalam PP No. 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah pasal 17 atat 1 yang mengamanatkan bahwa Bappeda menyusun rancangan awal RKPD.

Dalam Permendagri No 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan PP No 8 Tahun 2008 lampiran V tentang tahapan dan tatacara penyusunan RKPD disebutkan bahwa dengan mempertimbangkan terbatasnya waktu dan adanya keterkaitan hubungan antar satu kegiatan dengan kegiatan lainnya dalam proses penyusunan RKPD dan renja SKPD maka diharapkan penyusunan rancangan awal RKPD Provinsi dan Kabupaten/kota sudah harus di mulai dari bulan Desember tahun sebelumnya. “Surat Kepurusan Gubernur Sulut No. 79 Tanggal 23 Penruari 2016 tentang Tim Penyusun RKPD Provinsi Sulut,” tandas Kumendong.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*