Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Ratusan Personil Polres Minsel Jalani Tes Urine

×

Ratusan Personil Polres Minsel Jalani Tes Urine

Sebarkan artikel ini
polres
Tes urin jajaean Polres Minsel

MTerkini.com, AMURANG – Ratusan anggota dan PNS Polri yang ada di jajaran Polres Minsel, pada Rabu (13/4) pagi tadi menjalani tes urine.

Tes urine dilakukan mulai anggota berpangkat bintara hingga perwira dan semua PNS di lingkup Polres Minsel.

Menurut Wakapolres Kompol Muhammad Islam SIK bahwa, tes urine dilakukan mendadak. Tidak ada anggota yang diberi tahu sehingga mereka wajib menjalani tes ini.

“Adapun tujuan tes ini, yakni mencegah kemungkinan adanya anggota kepolisian yang menggunakan narkoba, psikotropika dan obat-obatan terlarang,” katanya.

Lanjut Dia menegaskan, jika nantinya hasil tes urine ini ada personil yang positif menggunakan narkoba, maka langsung ditindak tegas, diproses sesuai prosedur, mulai dari proses disiplin, sidang disiplin hingga pada kode etik bahkan dipidanakan.

“Sanksi dijatuhkan tergantung sejauh mana keterlibatan unsur pidana yang menjerat bersangkutan,” ujarnya.

Dibagian lain Kapolres Minsel AKBP Benny Bawensel SIK MH, ketika dimintai keterangan menyampaikan bahwa, kegiatan Tes Urine sangat penting dilakukan untuk memeriksa kodisi kesehatan personil, juga sebagai kontrol medis guna mengetahui apakah ada personil yang pernah atau sedang menggunakan Narkoba.

“Sebagai penegak hukum, anggota Polri harus taat pada peraturan yang berlaku, termasuk urusan narkoba. Selaku Kapolres Minsel, dirinya menegaskan bahwa tidak ada kata kompromi untuk masalah narkoba, akan ada sanksi tegas dan hukuman berat bagi personil yang terbukti menggunakan narkoba,” tegasnya.

Adapun Tes Urine yang dilaksanakan di lingkungan Polres Minsel ini diselenggarakan langsung oleh Bidang Propam dan Tim Dokpol Bidang Dokkes Polda Sulut.(dav)