Selasa, 12 November 2019

Pemkot Salatiga Kagumi Kinerja Humas Pemprov Sulut

manadoMTerkini.com, SULUT – Sinergitas kemitraan antara Pemerintah dan Pers yang ada di sulawesi Utara menjadi pelajaran Pemkot Salatiga. Hal ini yang diungkapkan Walikota Salatiga Yulianto MM saat melakukan pertemuan dengan Pemprov Sulawesi Utara dan Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Rabu (13/04/2016).

“Ini diharapkan menjadi pembelajaran Pemkot Salatiga dalam meningkatkan kemitraanya dengan baik,” ungkap Yulianto sembari mengagumi Kinerja Humas Pemerintah Provinsi Sulut.

Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Jhon H. Palandung MSi menyampaikan ucapan selamat datang serta apresiasi kepada Pemkot Salatiga karena telah memilih Sulut untuk belajar kemitraan dengan insan Pers.

Dalam pertemuan ini, Palandung mengatakan, “Dalam hal bernegara, kita tahu, bahwa Pers adalah pilar keempat setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Untuk itu pemerintah harus mampu mengelola dengan baik bentuk dan strategi komunikasi publik informasi pemerintahan. Hal ini dirasa penting karena di satu sisi pemerintah adalah sumber informasi utama media massa namun, di sisi lain pemerintah tidak dapat mengontrol informasi apa mempengaruhi masyarakat. untuk itu dibutuhkan kemitraan yang solid antara Pemerintah dan Pers,” ujar mantan Pj Walikota Bitung ini.

Sementara Kepala Biro Pemerintahan dan Humas DR Jemmy S Kumendong MSi mengungkapkan, atas apresiasi Pemerintah Pusat melalui Kemenpan dan RB RI memberikan apresiasi kepada Humas Pemprov Sulut karena berhasil menempati posisi teratas dari 13 Provinsi se-Indonesia Timur dalam penyebarluasan kegiatan pemerintah daerah. Ini menjadi bukti atas kesolidan Pemerintah membanguan kemitraan dengan Pers.

Untuk diketahui Humas Pemprov Sulut melalui Blog Humasnya sudah memposting 865 berita selang tahun 2015, sementara sampai tangal 12 April 2016 sudah diposting 246 berita.
“Selama menjadi Juru Bicara Pemprov, Saya tidak pernah menggunakan hak jawab. Pembuatan berita harus dengan aturan Pers. Yang penting harus ada konfirmasi,” ujar Kumendong.

Koordinator JIPS, Dony Aray, juga menanmbahkan bahwa sinergitas dengan pemerintah terjalin baik. “Kami dari media walaupun bermitra dengan Pemprov Sulut, tetap dalam pemberitaan selalu Independen. Dalam artian soal pemberitaan tidak ada batasan tapi harus jelas dan terkonfirmasi. JIPS tidak membatasi kepada anggotanya dalam berkopetensi bermanuver di luar. Nanti ada momen tertentu yang bagi JIPS untuk melakukan aktivitas secara bersama,” ujar Aray.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*