Minggu, 17 November 2019

Pemprov Sediakan Dana 6 Miliar Untuk Rehab RTLH di Boltim

boltimMTerkini.com,TUTUYAN-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) menganggarkan 6 Miliar untuk merehabilitas sekitar 200 Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Boltim Sjukri Tawil mengatakan rehabilitasi rumah tersebut berasal dari APBN yang dikoordinir oleh Pemprov.

“Anggaran pastinya saya belum tahu, tapi alokasi rumah ada 200 unit,” katanya.

Dia menjelaskan, pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) akan difokuskan di kecamatan Kotabunan. Rumah ini akan dikerjakan secara swakelola oleh pihak ketiga yang ditunjuk pemerintah propinsi.

“Sekarang sementara pendataan calon penerima, kami tetap koordinasi dengan dinas sosial agar tak tumpang tindi dengan program RTLH milik pemda. Jangan sampai satu rumah, dua kali menerima,” bebernya.

Tambahnya warga penerima bantuan hanya akan menerima rumah karena akan dikerjakan oleh pihak ketiga.

“Tak diberikan dalam bentuk uang dan bahan bangun. Warga terima bersih, rumah sudah direhabi,” tuturnya

Dia juga mengatakan, besaran anggaran untuk satu unit rumah bervariasi tergantung tingkat kerusakan rumah yang akan direnovasi.

“Bisa Rp 15 juta hingga Rp 30 juta, tergantung yang akan direhabilitasi. Namun kesulitannya, banyak rumah warga miskin, tapi tanahnya hanya pinjam. Padahal syaratnya tanah harus milik sendiri,” tandasnya.(wan/dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*