Rabu, 20 November 2019

Bupati Minta Kumtua di Minsel Tingkatkan Sistem Keamanan

MTerkini.com, AMURANG-Permasalahan kemananan memiliki peranan penting dalam pembangunan daerah. Oleh karena itu keamanan lingkungan dari tingkat desa perlu dijaga.

Untuk itu Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE mengimbau kepada para Hukum tua (Kumtua) agar memperketat sistem keamanan di desa masing-masing.

Menurutnya, ada orang yang mencurigakan diharapkan langsung melaporkannya kepada pihak berwajib. “Jika ada yang mencurigakan langsung ambil tindakan dengan menghubungi aparat berwajib,” kata Bupati melalui Kabag Humas Pemkab Minsel Frangky Mamangkey SIP.

Lanjut Dia, bupati juga mengharapkan kepada para Kumtua agar mengaktifkan pos keamanan lingkungan (Poskamling) dan mewajibkan kepada tamu di desa untuk melapor 1X24 jam.

“Jadi jika ada pendatang yang masuk di desa dan sudah menginap berhari-hari, para Kumtua dan aparat desa harus mendatangi orang tersebut. Kemudian mendata dan mengawasi orang itu,” ujarnya lagi.

Dikatakannya, pengawasan terhadap pendatang sangatlah penting. “Kita tidak mau menanamkan sifat saling curiga kepada warga. Namun kecurigaan sangatlah penting untuk mencegah agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Yang penting adalah pengawasan, sebab Kumtua dan aparat desa merupakan ujung tombak Kamtibmas di daerah,” katanya.

Selain itu, bupati meminta kepada masyarakat agar melaporkan kepada pemerintah desa maupun aparat kepolisian jika menemukan adanya warga yang mencurigakan di kompleks rumahnya.
“Semua harus proaktif mencegah aksi teror,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*