Selasa, 19 November 2019

Walikota Manado Minta Warga Cerdas Saat Berbelanja

Harkonas 2016, Manado, Disperindag Manado, Ir. Royke Roring

Penjabat Walikota Manado Ir. Royke Roring saat memberikan hadiah door prize kepada konsumen di perayaan Harkonas 2016 Kota Manado di MultiMart Mega Mall. (foto:chris/mt)

MTerkini.com, MANADO – Penjabat Walikota Manado Ir. Royke Roring meminta kepada konsumen teliti dalam berbelanja. Hal tersebut dikatakan Roring saat menghadiri acara Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tingkat Kota Manado Tahun 2016 di Multimart Mega Mall, Rabu (20/4/2016) sekitar pukul 13.45 WITA.

Dihadapan Konsumen dan pengusaha, orang nomor satu di Manado ini meminta jangan sembarangan membeli jika label atau kemasan rusak. “Lewat momen Harkonas ini, kita harus menjadi pemilih cerdas, jika ada keluhan akibat dari pihak toko atau perusahaan dilapor saja,” kata Roring.

Ia berharap kedepan warga akan selektif dalam membeli barang. “Mari kita lebih teliti lagi dalam berbelanja,” ujarnya.

Hari Konsumen Nasional, Harkonas 2016, Manado, Multimart, Dante Tombeg

Disperindag Kota Manado dan Konsumen serta pelaku usaha foto bersama usai kegiatan. (Foto: chris/mt)

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado Dantje Tombeg mengatakan pihaknya siap menerima jika ada laporan yang masuk terkait kerugian konsumen. “Kalau ada silakan lapor. Kami akan berikan sanksi ke perusahaan, pertama kami akan turunkan barang dari dagangan bahkan kami bisa beri sanksi cabut ijinnya,” ujar Tombeg.

Diakhir kegiatan Walikota Manado memberikan hadiah kepada pemenang undian door prize. Sebelum memberikan hadiah, ROR sapaan akrabnya memberikan pertanyaan kepada konsumen. “Apa yang akan dilihat pertama disaat akan berbelanja?” Tanyanya, kemudian seorang konsumen menjawabnya melihat label kemasan agar tidak rusak dan akhirnya ROR pun menjawab benar sembari langsung menyerahkan sebuah hadiah Handphone.

Hadir dalam Harkonas ini, Walikota Manado Ir. Royke Roring, Sekot Haefrey Sendoh, Kadis Disperindag Dante Tombeg dan staf, BPOM Manado serta konsumen dan pelaku usaha di Manado.

Perayaan Hakornas 2016 ini mengambil Tema “Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri”. Disperindag Kota Manado mengajak warga Manado untuk Tegakkan Hak dan kewajiban Konsumen, Teliti sebelum membeli, perhatikan label dan manual garansi berbahasa Indonesia, pastikan produk berstandar SNI, jangan abaikan masa kadaluarsa produk, beli sesuai kebutuhan bukan keinginan dan cintailah produk Indonesia. (ons).

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*