Rabu, 20 November 2019

Pemkab Boltim Masih Menunggu DD Masuk Kas Daerah

Sekda BoltimMTerkini.com,TUTUYAN-Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Muhamad Assagaf mulai khawatir, pasalnya sudah masuk pada triwulan II di tahun 2016 ini, sampai dengan saat ini Dana Desa (DD) atau dana transfer dari pemerintah pusat belum masuk di kas daerah.

Hal ini, membuat Pemkab Boltim kebingungan karena hampir semua desa di Boltim sudah siap menerima dana transfer tersebut.

“ADD memang sudah siap, tetapi karena penyaluran DD dan ADD secara paket, sehingga realisasi dana untuk 80 desa di Boltim belum bisa dilakukan. Ini yang membuat Pemkab Boltim jadi bingung,” Kata Assagaf.

Namun Assagaf menuturkan jika pihaknya belum mengetahui secara pasti keterlambatan ini.

“Mungkin juga, karena pemerintah pusat akan merasionalisasikan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Sehingga, itu kemungkinan yang menyebabkan dana transfer untuk desa belum di salurkan pemerintah pusat. Pada intinya, hampir semua desa di Boltim sudah siap menerima DD dan ADD tahap pertama. Meskipun ada juga sampai sekarang masih ada desa yang belum memasukan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dalam pengunaan DD-ADD tahun 2015 lalu,” jelasnya.

Sementara itu Pejabat Sementara (Pjs) Sangadi (Kepala Desa-red) Tombolikat Selatan, Subhan Wakid ditemui Rabu (20/4) siang tadi mengungkapkan, jika desa yang ia pimpin saat ini sudah siap secara administratif baik itu SPJ maupun RKA untuk tahun ini.

Kami sudah siapkan semua syarat administratif untuk pencairan ADD dan DD agar proses kegiatan bisa berjalan dengan baik sesuai harapan masyarakat, ” tutur Wakid.(wan/dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*