Rabu, 20 November 2019

Pimpin Apel Hari Kartini, Wawali SAS Apresiasi “Kartini” Tomohon

MTerkini.com, TOMOHON – Pelaksanaan peringatan Hari Kartini ke-XXI di Kota Tomohon, dilaksanakan dalam Apel bersama seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon yang dilaksanakan di lapangan Kantor Walikota, Senin (25/04/2016).

Dalam apel kali ini ada pemandangan yang menarik dan berbeda dari biasanya karena menampilkan sosok kartini-kartini Tomohon masa kini yang adalah srikandi-srikandi yang berkarya di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Pemandangan berbeda tersaji dalam kegiatan ini karena didominasi para kaum Hawa, Wakil Walikota Syerdy Adelyn Sompotan tampil sebagai Pembina, sementara Pemimpin Apel Camat Tomohon Utara Aneke Tuege SE, dan Perwira Apel Camat Tomohon Timur Sjerly Bororing SP MM Sip serta seluruh petugas dalam kegiatan ini semuanya perempuan.

Dalam formasi barisanpun menempatkan seluruh pegawai perempuan di barisan-barisan terdepan. Hal ini merupakan bentuk penghargaan akan kesetaraan Gender dan Emansipasi Wanita di era saat ini.

Wawali SAS dalam kesempatan ini mengucapkan selamat Hari Kartini bagi kaum perempuan di seluruh Indonesia dan Kota Tomohon khususnya. Semoga semangat dan keteladanan serta perjuangan kartini terus memotivasi kaum perempuan agar mampu tampil terdepan dalam berbagai bidang pembangunan.

“Mari kita beri penghargaan setinggi-tingginya kepada kaum perempuan yang saat ini mampu menempatkan posisi pada peran strategis di Bidang Pemerintahan khususnya dan terhadap pembangunan di tengah keluarga dan masyarakat pada umumnya,” ucap Wawali SAS.

Wawali SAS pun berbangga atas peran perempuan di Kota Tomohon khususnya dikalangan Aparatur Sipil Negara yang ternyata dari prosentase ASN menurut jenis kelamin selang tiga tahun terakhir ini, perempuan mendominasi, sesuai data tahun 2015 PNS perempuan berjumlah 64.33 %. Hal ini berarti peran perempuan sebagai pemerintah dalam pembangunan sangat besar, Oleh karena itu beliau kembali mengajak untuk bersama-sama memberikan apresiasi yang tinggi bagi kaum perempuan di Kota Tomohon.

Sebagai kaum perempuan Sompotan kembali mengajak agar kaum para hawa untuk terus maju dan mampu berpikir, bertindak dan berperan di era otonomisasi untuk mengambil peran yang lebih luas bukan semata-mata tertuju pada emansipasi saja melainkan mampu mengimplementasikan hak wanita sebagai pondasi penting dalam kemajuan NKRI dan Kota Tomohon khususnya.

“Selamat kepada seluruh kaum hawa yang merayakan Hari Kartini, semoga kerja karya-karya yang indah akan terus ditorehkan,” kunci Wawali Wanita Pertama di Kota Tomohon ini.

Kegiatan ini turut dihadiri sekretaris daerah Kota Tomohon DR Drs Arnold Poli SH MAP dan jajarannya. (toar)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*