Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Perkuat Kapasitas Aparatur Desa, Bupati Minsel Utus Altin Sualang Hadiri Temu Karya Program Pemdes di Malang

×

Perkuat Kapasitas Aparatur Desa, Bupati Minsel Utus Altin Sualang Hadiri Temu Karya Program Pemdes di Malang

Sebarkan artikel ini

MTerkini.com, AMURANG-Dalam rangka memperkuat kapasitas aparatur Desa di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel).

altin sualangBupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE mengutus Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa BPMPD Minsel Altin Sualang SSTP MPA mengikuti acara temu karya program/kegiatan pemerintah desa dan lembaga kemasyarakatan yang di laksanakan di Balai Besar PMD Kota Malang.

Hal tersebut dosampaikan Kepala BPMPD Minsel Drs Benny Lumingkewas kepada manadoterkini.com Rabu (27/4) siang tadi.

Senada disampaikan Kabid Pemerintahan Desa BPMPD Minsel Altin Sualang SSTP MPA, kepada manadoterkini.com Sualang mengatakan, peran Pemerintah Pusat dan Pemda tentu sangat penting guna mempersiapkan dan memperkuat kapasitas masyarakat dan aparatur desa.

“Temu karya program/kegiatan pemerintah desa dan lembaga kemasyarakatan di Malang, dilakukan agar aparatur desa dapat mengembangkan potensi dan sumber daya lokal yang dimiliki. Tentunya melalui sosialisasi dan pelatihan yang nantinya akan dilakukan,” ujar Sualang.

malangLebih lanjut, Sualang mengatakan, tahun 2016 ini merupakan tahun pertama pengalokasian dana desa dari pemerintah, sebagai implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Tujuan ditetapkannya kebijakan tersebut adalah untuk mewujudkan Desa yang Kuat, Mandiri, Sejahtera dan Demokratis, sebagai upaya mengatasi kesenjangan pembangunan nasional selama ini. Memperkuat peran dan posisi masyarakat desa untuk mengatasi kesenjangan pembangunan nasional, karena masyarakat desa adalah subjek pembangunan,” tukasnya.

Dia menambahkan, tolok ukur keberhasilan pembangunan Nasional, tentunya juga tidak terlepas dari keberhasilan pembangunan di tingkat desa/kelurahan.

“Untuk itu, maka seluruh elemen baik pemerintah desa/kelurahan maupun lembaga kemasyarakatan dituntut harus mampu meningkatkan kemampuan dan kemandiriannya dalam penyelenggaraan pemerintahan,” pungkas Sualang yang juga Sespri Bupati Minsel ini.

Berdasarkan data dan informasi, acara temu karya program/kegiatan pemerintah desa dan lembaga kemasyarakatan di Kota Malang dilaksanakan, sejak Selasa (26/4) lalu dan akan berakhir (30/4) mendatang. Hadir sebagai peserta, BPMPD Provinsi, Kabupaten/Kota se Jawa Timur, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Sedangkan materi yang dibawakan, strategi penguatan pemerintahan desa, perencanaan dan anggaran, diskusi program dan kegiatan daerah.(dav)