Selasa, 12 November 2019

Tahun Ini, Opini WTP Jadi Target Pemkab Minsel

TettyMTerkini.com, AMURANG-Penerapan sistem akrual pada proses pengelolaan keuangan dan aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) diyakini dapat merubah opini dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun ini. Pasalnya, penerapan sistem ini bertujuan untuk mencapai tertib administrasi baik pengelolaan keuangan maupun aset pemerintah daerah.

“Sistem ini cukup sangat efektif dan cukup berhasil di Kabupaten Minsel, sehingga saya optimis Pemkab Minsel bisa meraih opini WTP dari BPK tahun 2016 ini,” ujar Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE.

Bupati menjelaskan akuntansi berbasis akrual atau akuntansi yang transaksi ekonomi atau peristiwa akuntansi diakui, dicatat dan disajikan dalam laporan keuangan saat terjadinya transaksi tersebut, nantinya akan lebih memperjelas proses pengelolaan keuangan daerah.

“Sistem akutansi yang sudah kami terapkan ini juga merupakan standar yang berlaku di jajaran pemerintahan di seluruh Indonesia. Sehingga saya berharap, pihak-pihak yang menangani keuangan di jajaran pemerintah daerah dapat memahami dengan baik metode ini sehingga laporan keuangan yang disusun sesuai dengan standar yang berlaku secara nasional. Jadi dengan penerapan akuntansi berbasis akrual ini, manfaatnya sudah pasti akan lebih baik bagi pemerintah dan juga bagi masyarakat yang ingin menggunakan laporan keuangan itu,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati dua periode ini menjelaskan, pemerintah daerah juga dituntut untuk dapat melaksanakan pengelolaan keuangan secara baik demi terwujudnya tujuan pemerintahan yang bersih.

“Tolok ukurnya, kemampuan mengontrol kebijakan keuangan daerah secara ekonomis, efisien dan transparan, karena BPK juga dalam melaksanakan auditnya tetap akan merujuk kepada sistem akutansi berbasis akrual ini,” ungkapnya.

Bupati juga menambahkan, sistem ini dianggap lebih baik karena pemerintah dapat mengidentifikasi posisi keuangan dan perubahannya, sehingga laporan sistem akrual ini lebih terpercaya, kerana lebih akurat, komprehensif dan relevan untuk pengambilan keputusan.

“Saat ini pihak auditor BPK sedang menuntaskan auditor secara terperinci, mudah-mudahan target kami untuk dapat meraih opini WTP pada tahun ini bisa terwujud,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*