Selasa, 19 November 2019

Batas Wilayah Manado Minahasa “Memanas”, Ini Kata Kabag Pemerintahan Pemkot Manado

Jerry LasutMTerkini.com, MANADO – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menseriusi permasalahan dugaan penyerobotan Wilayah oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

Saat dihubungi manadoterkini.com, Kabag Admimistrasi Pemerintahan Pemkot Manado Jerry Lasut, SH, MH. Ia mengatakan Pemkot Manado menseriusi soal dugaan wilayah Kota Manado yang dimasuki Pemkab Minahasa.

“Saya baru baca di media hari ini, dan kami akan serius menyelesaikan masalah ini tentunya melaporkan ke Pemprov Sulut. Karena sesuai aturan apabila ada permasalahan 2 wilayah maka akan diselesaikan pemprov Sulut,” ujar Lasut, Kamis (28/4/2016).

Ia mengatakan secepatnya Pemko Manado akan mengambil data-data pendukung dari pihak Kelurahan dan Kecamatan.

“Kami akan ambil datanya sebagai data pendukung sehingga nantinya saat akan ke Pemprov Sulut akan lebih siap,” katanya.

Ketika ditanya persiapan menghadapi masalah ini, Lasut menegaskan Pihaknya akan berpatokan pada Permen Nomor 59 Tahun 2014 tentang Batas Wilayah Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara.

“Kami hanya berpatokan pada Permen nomor 59 ini,” jelas Lasut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Minahasa dituding memasuki Wilayah Kota Manado. Hal ini terlihat dengan di bangunnya tugu selamat datang dengan tulisan “Minahasa Welcomes You” di wilayah Kelurahan Tingkulu, Kecamatan Wanea, Kota Manado.

Dengan dibangunnya tugu ini, sekitar 500 meter wilayah Kota Manado diambil oleh Kabupaten Minahasa dan diperkirakan ada sekitar 4 hektar Wilayah Kelurahan Tingkulu daN Kelurahan Bumi Nyiur masuk dalam wilayah yang diduga akan diambil pemkab Minahasa.

Pantauan manadoterkini.com, Selasa (26/4/2016) lalu dilokasi tugu “Minahasa Welcomes You” tampak berjejer 9 buah tugu menjulang keatas, dibawah nya ada tulisan “Minahasa Welcomes You” berwarna merah dilengkapi dengan taman bunga. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*