Jum'at, 22 November 2019

Aparat Kepolisian dan TNI Siap Amankan Pilhut di Minut

MTerkini.com, AIRMADIDI-Aparat kepolisian dari Polres Minut dan Manado, serta empat Koramil dibawah Kodim Bitung dan satu Koramil dari Kodim Manado, siap mengamankan penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan hukum tua (Pilhut) di 53 desa yang tersebar di Kabupaten Minut, yang dilaksanakan serentak pada 3 Mei mendatang.

Demi suksesnya penyelenggaraan Pilhut, Polres Minut melalui Kabag Ops kompol Eko Akwan, mengingatkan bagi para panitia untuk bekerja sesuai aturan. Namun, jika ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), menurutnya Polres Minut tak segan-segan menindaknya.

“Kami mengajak panitia dan masyarakat sama-sama mensukseskan dan mengamankan pesta demokrasi pemilihan hukum tua. Untuk itu kepada panitia juga mari kita bekerja sesuai mekanisme dan aturan, jika menyimpang pasti jadi pemicu gangguan. Dan Polres Minut tidak main-main mengamankan Pilhut ini, kalau ada gangguan kami tak segan-segan bertindak, tentunya sesuai standar operasional prosedur (SOP),” tegas Akwan, saat rapat pengecekan kesiapan Pilhut, di Kantor Bupati Minut, Jumat (29/4/2016).

Senada disampaikan Danramil Airmadidi Mayor Achmad Janis, yang Berharap agar Pilhut yang sudah dipersiapkan ini dapat berjalan sukses.

“Kalau panitia sudah siap, kami pun siap mem-back up. Untuk Minut ada empat Koramil wilayah dari Kodim Bitung dan satu Koramil wilayah Kodim Manado. Dan Pilhut ini jika sukses dilaksanakan akan jadi dasar untuk Pilhut berikutnya, kalau ini baik tentunya berikutnya akan lebih baik lagi, begitu juga dengan waktu pelaksanaan jangan sampai molor, sebelum gelap harus sudah selesai,” tegas Danramil.

Lebih lanjut, terkait dana Pilhut, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Robby Parengkuan, mengakui saat ini sudah ada 33 desa yang dana operasional Pilhut dicairkan.

“Senin pekan depan, kami upayakan dana Pilhut untuk 53 desa seluruhnya sudah dicairkan, termasuk honor untuk panitia. Dan dana ini masuk ke rekening desa, bukan ke rekening Sekdes atau rekening pribadi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Sammy Rompis, menambahkan untuk kertas suara sudah disalurkan tinggal kotak suara yang akan didistribusikan H -1.

“Silahkan panitia mengambil alat tulis kantor (ATK) pada hari Senin nanti. Dan memang untuk honor panitia desa saat ini baru sekitar Rp400 juta yang dicarikan, sedangkan sisanya Rp20 juta akan dicairkan pada hari Seninq mendatang, itu tinggal untuk desa yang dekat-dekat,” tandasnya.(Pow)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*