Sabtu, 20 Juli 2019

Belum Masukkan LPJ, Panwaslu Boltim Terancam TGR

MTerkini.com, TUTUYAN – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terancam akan kena TGR. Pasalnya, hingga saat ini, pihak Panwaslu Boltim belum juga memasukkan Surat Pertanggungjawaban (SPj) terkait penggunaan dana hibah sebesar Rp 2,5 miliar.

“Dana tersebut digunakan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Boltim tahun 2015 lalu,” ujar Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Boltim Oskar Manoppo kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Manoppo menjelaskan, Pemkab telah memberikan dana hibah Pilkada Boltim kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp 13 miliar dan Panwaslu Rp 2,5 miliar serta Polres dan Kodim Bolmong sebagai pengamanan Rp 2,5 miliar. “Hanya saja, KPU Boltim dan Polres Bolmong sudah memasukkan SPJ. Sedangkan Panwaslu sampai saat ini belum memasukan, padahal saat ini BPK sudah mulai melakukan pemeriksaan rinci terkait APBD 2015 Boltim,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, pihaknya sudah menghubungi Ketua Panwaslu Boltim Ervina Damopolii untuk mempertanyakan SPJ tersebut. “Kata ibu Ervina pihaknya sedang melengkapi SPJ karena masih terkendala dimasalah tiket pesawat. Namun saya pikir ini alasan yang aneh karena dimana-mana setiap kita berangkat menggunakan pesawat pasti ada bukti pembelian tiket. Kenapa di Panwaslu Boltim itu menjadi sebuah masalah kan tinggal dilampirkan saja bukti tiketnya,” ungkapnya lagi.

Dia menambahkan jika SPJ dari Panwaslu Boltim belum dimasukkan sampai dengan akhir pemeriksaan BPK RI, maka hal tersebut akan sangat berpengaruh dalam pemberian opini BPK dalam laporan keuangan Pemkab Boltim. “Bisa saja Panwaslu Boltim dikenakan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) karena tidak memasukkan SPJ dana hibah,” jelasnya.

Sementara itu, ditempat terpisah anggota Panwaslu Boltim Harianto saat dikonfirmasi mengatakan, untuk masalah administrasi adalah kewenangan sekretariat. “Saya belum bisa menanggapi itu karena itu ranahnya kepala sekretariat dan bendahara Panwaslu, namun coba konfirmasi ke ketua Panwaslu karena itu bidangnya ketua,” tandasnya. (wan/dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*