Rabu, 17 Juli 2019

OD Berharap Kemitraan Dunia Usaha, Buruh dan Pemerintah Berjalan Harmonis

manadoMTerkini.com, SULUT – Kemitraan dunia usaha, antara buruh dan pemerintah harus berjalan baik. Harapan itu disampaikan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dodokambey SE saat menyambut aksi ratusan buruh, memperingati Hari Buruh Internasional “May Day” oleh Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSPSI) Sulut dan Serikat Pekerja Nasional (SPN) Sulut di halaman Kantor Gubernur, Senin (02/05/2016).

hari buru“Saya berharap kemitraan dunia usaha, buruh dan pemerintah yang berjalan baik, sehat dan harmonis, sehingga akan mampu mendorong tumbuh-kembang dunia usaha dan peningkatan kesejahteraan tanaga kerja,” jelas orang nomor satu di Sulut ini.

Karena itu Gubernur memintah, harmonisasi hubungan tripartit yakni, pekerja, pengusaha dan pemerintah harus senantiasa kita jaga dan pelihara sebagai mana desain hubungan industrial yang diatur dalam UU No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

hari buruSelanjutnya, sebagai langkah kedepan dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di Sulut.

“Kebijakan penetapan UMP Provinsi sesuai amant Pasal 8, Pasal 89 dan Pasal 90 UU No.13 Tahun 2003, akan terus di evaluasi dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan hidup layak, melalui dewan pengupahan Provinsi Sulut sebagai presentasi unsur tripartit,” tandas Dondokambey.

hari buruKetua KSPSI Sulut Tommy Sampelan menyatakan, secara khusus perayaan memperingati hari buruh Tahun 2016 di provinsi Sulut memiliki makna penting bagi kelanjutan pembangunan daerah.

“Saat ini pemerintah di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven Kandouw bersama rakyat Sulut termasuk kaum buruh/pekerja berkomitmen dan bertekad untuk mengembalikan kejayaan daerah Sulut melalui peningkatan SDM dalam hal ini penyiapan tenaga kerja yang handal dan profesional dalam menghadapi persaingan global,”ujar Sampelan.

Untuk itu Sampelan mengungkapkan, tidaklah berlebihan apabila Tema May Day Tahun 2016 yakni Optimalisasi Disiplin dan Semangat Kerja (OD-SK) menuju Sulut Hebat.

Terpisah Kadis Nakertrans Marsel Sendoh MSi menambahkan, selain menyelenggarakan apel buruh/pekerja pula dilaksanakan juga kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan berupa pelayanan donor darah, pemeriksaan kesehatan serta pasar murah yang diperuntukan bagi buruh/pekerja.

Turut hadir Wagub Drs Steven Kandouw, Unsur Forkopimda Sulut, Duta Besar Indonesia untuk Serbia, Harry R. J. Kandou. Dewan Pengawas BPJS Tenaga Kerja Rekson Silaban bersama Isteri Merdy Rumintjab, serta Instansi terkait lainnya.(alfa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*