Sabtu, 7 Desember 2019

Eman : Pajak Kunci Kemajuan Pembangunan Tomohon

emanMTerkini.com, TOMOHON – Pembangunan tidak dapat dipisahkan dengan pajak daerah maupun retribusi daerah. Demikian diungkapkan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak didampingi Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, saat menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas PPKBMD melalui Bidang Retribusi yang bertempat di Aula Megfra Kecamatan Tomohon Selatan, Selasa (03/05/2016).

“Karena keduanya saling ketergantungan, saling topang dan menjadi kunci kemajuan daerah dalam upaya menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan bersama,” kata Eman.

Dijelaskan Walikota, retribusi jasa umum adalah jasa yang disediakan atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan umum serta dapat dinikmati oleh pribadi atau badan.

“Maka untuk melakukan pungutan retribusi jasa umum pemerintah harus terlebih dahulu memberikan dan menyediakan sarana dan prasaranan serta fasilitas pelayanan kepada orang pribadi atau badan,” kata Walikota.

Selaku Pemerintah kota Tomohon, Walikota sangat mengharapkan SKPD dan pengusaha serta seluruh elemen masyarakat yang semuanya adalah pelaku jasa umum di kota Tomohon, agar lebih memahami dan mengerti akan kewajibannya untuk membayar retribusi jasa umum.

“Bagi dinas, badan, kantor, bagian yang ada di Kota Tomohon untuk menjadi pelopor dalam pembayaran retribusi jasa umum, serta dimintakan juga kepada para camat dan lurah agar terus menerus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya membayar retribusi jasa umum,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota dan Wakil Walikota secara simbolis menyerahkan kartu langganan persampahan kepada para lurah perwakilan seluruh kecamatan di kota Tomohon.

Kepala Dinas DPPKBMD Tomohon DR Juliana D Karwur MSi dalam laporannya mengatakan, retribusi merupakan salah satu sumber dana sebagai penunjang pembangunan di daerah, dan oleh karena itu dipandang perlu untuk melaksanakan kegiatan ini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang retribusi guna kelancaran pembangunan di daerah,” tuturnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Asisten I Dra Truusje kaunang, Asisten III Ir H V Lolowang MSc,para kepala SKPD serta stafperwakilan tiap-tiap SKPD, para Camat dan Lurah, dari unsur Perbankan dan Pengusaha serta Perwakilan Masyarakat (toar)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*