Rabu, 11 Desember 2019

Hebat..! Bitung Bakal Dapat Bantuan Dari Kemenko Maritim

MTerkini.com, BITUNG - Kemenko Maritim dan sumber daya RI akan Bantu perikanan Bitung, Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, setelah ‎menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur Konektivitas dan sistem Logistik di Kawasan Timur Indonesia dari Kementrian koordinator (kemenko) Maritim dan Sumber Daya Republik Indonesia (RI) dilaksanakan di Ruang Rapat ‎WOC, Kantor Gubernur Sulawesi Utara, selasa, (03/05/2016)‎

Dalam kesempatan itu Mantiri memaparkan tentang kondisi terkini yang ‎dialami masyarakat kota Bitung pasca Moratorium menteri Kelautan dan ‎Perikanan yang berdampak pada merosotnya pertumbuhan ekonomi kota Bitung ‎dan meningkatnya angka pengangguran akibat tidak beroperasinya beberapa ‎perusahaan yang bergerak di Industri perikanan.

“Saat ini yang terjadi di Bitung adalah perlambatan pertumbuhan ekonomi ‎karena masalah moratorium tadi, ini menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah ‎kota (Pemkot) Bitung, yang terus bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan ‎pemerintah pusat untuk sama-sama mencari solusi dari masalah ini,” ujar ‎Mantiri didampingi Kepala badan perencanaan dan pembangunan daerah (BAPPEDA) kota Bitung Albert Sarese.

Mantiri mengatakan meningkatnya angka kemiskinan di Sulut dikarenakan dua ‎faktor, pertama masalah gagal panen (pangan) dan kedua adalah lumpuhnya ‎sektor perikanan di Bitung, namun dirinya berterima kasih kepada pemerintah

Provinsi Sulut dalam hal ini Gubernur Sulut yang terus memperjuangkan hal ‎ini khususnya masalah perikanan di Bitung, sehingga beberapa waktu lalu Wakil Presiden RI Jusuf Kalla telah datang ke Bitung untuk melihat langsung ‎perkembangan industri perikanan yang relatif menurun.

Menanggapi hal tersebut, Asisten Deputi Infrastruktur dari Kemenko Maritim ‎dan Sumber Daya RI Arief Rahman berjanji akan berjuang bersama Pemkot ‎Bitung untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Terkait dengan permasalahan ini, Pemerintah Pusat telah menyiapkan aturan yang dalam waktu dekat ini ‎akan disahkan, agar kota Bitung mendapat pengecualian tentang moratorium ‎menteri perikanan,” ujarnya

Lanjutnya lagi ia menghimbau agar Pemerintah kota Bitung menyampaikan ‎permasalahan ini secara langsung kepada Deputi Infrastruktur yang rencananya akan mengunjungi Bitung pada esok hari (04/05/2016), dengan ‎mempersiapkan data-data perkembangan pertumbuhan ekonomi sampai menurunnya ‎pertumbuhan ekonomi diakibatkan moratorium tersebut dalam kurun waktu 5 ‎tahun terakhir.

“Akan ada tindak lanjut dari permasalahan tersebut ‎yang menjadi dasar untuk disampaikan ke pemerintah pusat,” pungkasnya. (ref)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*