Jum'at, 19 Juli 2019

Disperindag Sulut Latih Puluhan Petani Kelapa di Minsel

MTerkini.com, AMURANG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi (Disperindakop) Sulawesi Utara (Sulut) bekerja sama dengan Disperindakop Minsel belum lama ini menggelar kegiatan bimbingan teknis.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Hotel Prince Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur ini dihadiri oleh puluhan peserta untuk dilatih soal cara produksi sabun berbahan baku kelapa.

Menurut Kabid Perindustrian Disperindag Sulut Benny Noungkan SE kepada sejumlah terkait pelatihan tersebut mengatakan, sasaran dilaksanakannnya Bimtek, adalah untuk melatih masyarakat atau petani kelapa tentang cara pemanfaatan hasil kelapa untuk diolah menjadi salah satu bahan pokok.

“Saat ini kan masyarakat hanya terfokus pada pengolahan hasil buah kelapa dengan membuat kopra. Bahkan ada sebagian petani hanya menjual hasil buah kelapa dalam bentuk bijian, sehingga berdampak pada tidak stabilnya harga kelapa. Oleh sebab itu, dengan adanya pelatihan ini, diharapkan bisa terbentuk satu kelompok usaha dari kalangan masyarakat petani kelapa, untuk memproduksi sabun dengan bahan baku kelapa,” ujar Noungkan.

Sementara itu, Kepala Disperindakop Minsel Semuel Setho Slaat ST MSi melalui Kabid Perindustrian Femmy Tanor mengatakan, mendukung dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut. “Kami Pemkab Minsel tentunya sangat mendukung dengan dilaksanakannnya kegiatan Bimtek ini. Dan kami berharap kepada seluruh peserta yang telah mengikuti pelatihan bebearapa waktu lalu agar dapat memanfaatkannya dengan baik,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*