Rabu, 17 Juli 2019

Gubernur Sulut Buka Rakorev Dandes di Minsel

Bupati Minsel Minta Bantuan OD Pembangunan Pasar

MTerkini.com, AMURANG – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE (OD) pada Selasa (10/5/2016) siang tadi membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Dana Desa (Dandes). Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Sutan Raja Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

dana Desa

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut didampingi Bupati dan Wakil Bupati Minsel

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw, Ketua BPK Sulut, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, Wakil Bupati Frangky Wongkar, dan Kepala BPMPD Provinsi Sulut.

Gubernur dalam sambutannya mengingatkan para hukum tua (Kumtua) untuk menggunakan anggaran sesuai aturan yang berlaku.

Dia juga mengingatkan agar administrasi penggunaan Dandes harus dibuat sesuai draf yang telah disiapkan oleh pemerintah. “Kan sudah ada drafnya. Tinggal ikuti petunjuk yang telah diberikan,” katanya.

dana Desa

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat memberikan arahan

OD mengakui, seringkali Kumtua bisa terkait dengan hukum karena ketidaktahuan mempertanggungjawabkan penggunaan dana, gara-gara tidak memahami administrasi penggunaan anggaran. “Oleh sebab itu, para Kumtua harus belajar menggunakan komputer, karena cara pertanggungjawaban anggaran telah diatur dalam sistem akuntansi komputer. Anggaran pengadaan komputer jangan diambil dari Dandes, tapi diambil dalam anggaran dana desa (ADD),” terang Dondokembey.

Sementara itu, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada Pemprov Sulut yang telah mempercayakan Kabupaten Minsel sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakorev. Pada kesempatan itu, Tetty, sapaan akrabnya, meminta bantuan anggaran pembangunan pasar kepada gubernur.

dana Desa

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut didampingi Bupati dan Wakil Bupati Minsel

“Salah satu program kami adalah membangun pasar di tiap desa. Dan pada kesempatan ini, saya sebagai Bupati Minsel meminta bantuan Pemprov Sulut lewat Gubernur Pak Olly Dondokambey, untuk memberikan bantuan dana untuk pembangunan pasar,” pinta Tetty sapaan bupati Minsel ini.

Dia juga meminta seluruh kumtua untuk mendukung program Orientasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) dari pemerintah Provinsi Sulut.

“Kepada semua Kumtua, mari kita dukung program gubernur dan wakil gubernur, yakni program ODSK. Semua kumtua wajib dukung program ini,” tegas Tetty.

Permintaan Tetty langsung dijawab Olly. Menurut Olly, Pemprov Sulut akan memberikan dana untuk membangun pasar di tiap desa. Namun kata dia, desa yang bersangkutan harus menyediakan lahan.

“Kami pasti mendukung permintaan bupati Minsel. Yang penting, desa yang bersangkutan harus menyiapkan lahan untuk membangun pasar,” tandasnya.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*