Jum'at, 6 Desember 2019

Walikota Bitung Mengukuhkan Kelompok Tani “HEBAT”

manadoMTerkini.com, BITUNG – Sebanyak Delapan Kelompok Tani “HEBAT” BP3K yang ada di Kecamatan Matuari Kota Bitung resmi di kukuhkan pada selasa, (10/05/2016) oleh Walikota ‎Bitung Maximillian J. Lomban, SE, MSI‎

Ke Delapan kelompok tani Yaitu, Kelompok Tani Helumo, Suka Maju, Wayata Matuari, Nyiur Melambai, Gersama, Nyiur Melambai Tanjung ‎Merah, Tumbuna dan Bougenville. Juga Peresmian pondok tani “HEBAT” seluas 6 ‎x 8 meter yang dibangun secara swadaya oleh penyuluh guna menjadi tempat ‎pelatihan petani.

Adapun semua kegiatan yang dilakukan oleh para penyuluh merupakan tugas utama para penyuluh dalam rangka perubahan perilaku dan ‎peningkatan pengetahuan keterampilan dan sikap para petani di Kota Bitung.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Walikota Bitung saat itu, ‎

1) Pengukuhan Kelas Kemampuan Kelompok Tani dari Lanjut menjadi Madya,
‎2) Demonstrasi Penerapan Teknologi Tanam Jagung Sistem Jajar Legowo 3:1 ‎dalam rangka mendukung Upsus Jagung Tahun 2016,
‎3) Panen Jagung,
‎4) Panen Bawang Merah,
‎5) Pelepasan Bibit Ikan Lele

Walikota Bitung Maximillian J. Lomban, SE, MSi sangat mengapresiasi ‎kegiatan ini dan menyambut baik kegiatan ini. “Mudah-mudahan ini benar-benar ‎menghasilkan ekonomi petani,” kata Lomban.

Lomban juga berharap agar nantinya para petani di Kota Bitung akan menjadi Petani Pemilik, bukan hanya terus menerus ‎menjadi Petani Penggarap, sehingga perkembangan Pertanian Kota yang ada di ‎Kota Bitung menjadi maju.

“Untuk mencapai Pertanian Kota yang maju, maka disiplin harus di utamakan, diikuti dengan berbagai penyuluhan dan ‎pelatihan untuk Kelompok Tani,” kata Lomban.

Lanjut Lomban, “Tahun depan akan saya coba anggarkan, mungkin ada 5-6 orang dari penyuluh dan kelompok tani yang nanti ‎akan belajar di Thailand,” katanya‎.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*