Selasa, 17 September 2019

Wawali SAS Pimpin Rapat Pengolahan Sampah

tomohonMTerkini.com, TOMOHON - Rapat penyiapan bahan perumusan kebijakan serta pelaksanaan kebijakan pemerintah tentang pengelolahan sampah di Kota Tomohon, dipimpin Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan pada hari ini, Rabu (11/05/2016), yang dilaksanakan di aula lantai III kantor walikota.

Saat membuka kegiatan, Sompotan mengatakan bahwa baik buruknya keadaan suatu lingkungan dapat berpengaruh secara langsung pada kehidupan seluruh mahluk hidup, terutama pada manusia.

“Oleh karana itu kita harus selalu menjaga kelestarian lingkungan agar dapat hidup dengan nyaman dan sehat,” ujar Sompotan.

Demi tercipta lingkungan yang nyaman, bersih dan sehat, Sompotan mengingatkan agar penanggulangan dan pemanfaatan sampah harus dilakukan dengan cara pemilahan.

Lebih lanjut diuraikannya, selain dengan pemisahan sampah, cara lain yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dampak negatif sampah adalah dengan metode 5R.

“Metode 5R itu adalah mengurangi/membatasi pemakaian suatu barang atau perilaku yang dapat mengurangi sampah, menggunakan kembali material/barang atau bahan yang masih layak pakai, mendaur ulang atau memanfaatkan materi bekas dengan cara mengolahnya kembali, mengganti pemakaian suatu barang atau menggunakan barang alternatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Administrasi Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kota Tomohon Adelien M Poluan selaku pihak penyelenggara, dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dilaksanakan kegiatan ini untuk mengkordinasikan dan mengsinkronkan atara satuan kerja perangkat kerja daerah (SKPD) yang terkait dalam hal persampahan di Kota Tomohon dari hulu ke hilir, dan menciptakan adanya gerakan cinta lingkungan lewat anti sampah di lingkungan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ronnie Lumowa S Sos MSi, peserta SKPD terkait, para camat dan lurah se-kota Tomohon serta unsur BUMD Kota Tomohon, dan untuk narasumber Ir Joice Matheos selaku Kepala Bidang Tata Lingkungan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara (toar)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*