Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Blusukan di Puskesmas Teling, MenPAN: Pelayanan UC Akan Diadopsi Program Nasional

×

Blusukan di Puskesmas Teling, MenPAN: Pelayanan UC Akan Diadopsi Program Nasional

Sebarkan artikel ini

MenPANMTerkini.com, MANADO – Luar biasa, konsep layanan kesehatan Universal Health Coverage atau lebih dikenal dengan sebutan UC bagi warga Kota Manado, akan diadopsi menjadi konsep program nasional. Gagasan Walikota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, tersebut menurut MenpanRB sangat baik.

MenpanRB Yuddy Chrisnandi didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Drs Steven Kandouw saat melakukan blusukan di Instansi penyelenggara pelayanan publik, Kamis (12/05/2016), di Puskesmas Teling Manado, ketika disambut Kepala Puskesmas Teling dr Octavin Y Umboh.

manpanYuddy mengakui walaupun gedung puskesmas ini kecil akan tetapi aktifitas pelayanan kesehatan berjalan lancar. Bahkan konsep pelayanan Universal Health Coverage yang di lakukan puskesmas ini akan diadopsi menjadi program nasional, katanya.

“Saya terkesan baik dengan pelayanan kesehatan di sini, karena Kepala puskesmas mampu memberdayakan seluruh ASN sebagai penyelenggara pelayanan publik walaupun diperhadapkan dengan sarana dan prasarana medis yang sangat terbatas serta masih menggunakan system manual, namun mampu melayani masyarakat setiap hari 30-50 orang,”puji MenpanRB.

Dr Octavin menyebutkan, Puskesmas yang dipimpinnya memiliki 47 pegawai termasuk 5 tenaga dokter, serta memiliki 5 tenaga dokter Intreship, 4 poliklinik yaitu poliklinik umum, anak, ibu serta poliklinik gigi.

“Walaupun tidak menyiapkan polikliknik khusus bagi para lansia, tapi kami mengutamakan pelayanan kepada para orang tua kita ini,”terangnya seraya menyebutkan, penyakit apa yang paling menonjol adalah Ispa dan hipertensi.

Selanjutkan Menteri bersama Wagub dan rombongan melakukan pertemuan di Polda Sulut, serta melakukan peninjauan di Kantor pelayanan BPJS Kesehatan di kompleks Marina Plaza Manado. Kemudian Menpan bersama Wagub menuju Kota Bitung untuk melihat pelayanan publik yang ada di rumah sakit Manembo-Nembo, polres Bitung dan kantor Walikota. (tim/alfa)