Kamis, 18 Juli 2019

7 Keunikan Kota Tomohon Akan Diusulkan Masuk Rekor MURI

Caption foto Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Mariam Rau SH

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Mariam Rau SH

MTerkini.com, TOMOHON – Kota Lima Dimensi Tomohon bisa dikatakan Kota Unik yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, di mana di kota sejuk di dataran tinggi dengan ketinggian terendah mulai dari 400 meter sampai 1500 meter di atas permukaan laut ini, memiliki 7 gunung, 7 air terjun dan 7 danau. Hal ini pula yang menarik para stakeholder kepariwisataan mulai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulut, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon untuk bersama-sama mengembangkan potensi yang ada.

Seiring dengan pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016, maka Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon melalui Kepala Dinas Mariam Rau SH yang didampingi Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kalasina KKL Pandey SSos mengatakan, bahwa pemerintah akan mengusulkan 7 keunikan tersebut masuk dalam rekor MURI, yang rencananya dirangkaikan dengan pelaksanaan TIFF 2016.

“7 Gunung yang di Kota Tomohon adalah Gunung Lokon, Gunung Empung, Gunung Mahawu, Gunung Tatawiran, Gunung Masarang, Gunung Tampusu dan Gunung Kasuratan. 7 Danau yang ada adalah Danau Linou, Danau Limaney Pangolombian, Danau Tampusu, Danau Zano Zemdem, Danau Linou Oki, Danau Masarang Oki dan Danau Sineleyan. Air Terjun Tumimperas, Air Terjun Tapahan Telu, Air Terjun Kandera Watu, Air Terjun Kinapesutan, Airt Terjun Mahlimbukar, Air Terjun Sariouw dan Air Terjun Ranowawa serta masih ada beberapa air terjun lainnya yakni Air Terjun Kamasi, Air Terjun Wailan dan Air Terjun Rurukan,” urai Rau.

Sementara itu, Kasubag Humas Djufry Rorong SSos yang juga seorang pemandu wisata yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata (HPI) Sulut mengharapkan agar sebagai warga Sulut dan masyarakat Kota Tomohon, berkewajiban untuk menjaga memelihara dan melestarikan alam dan lingkungan sekitar agar tetap asri, bersih, sejuk dan tetap terjaga secara berkesinambungan.

“Tentu dengan melakukan kegiatan pemilahan, pengolahan dan penanganan sampah secara tepat dan tidak membuang sampah sembarangan, sehingga alam dan lingkungan terjaga yang nantiya akan terus menarik minat dan kunjungan para wisatawan baik wisatawan Nusantara dan Mancanegara yang pada gilirannya akan meningkatkan penerimaan Negara melalui devisa sekaligus kemajuan perekonomian masyarakat,” pungkasnya (toar)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*