Rabu, 17 Juli 2019

Gubernur Dondokambey Lobi Maskapai Lion Air Buka Penerbangan ke 8 Kota Besar di China

lionmanadoterkini.com, SULUT – Maskapai penerbangan Lion Air mulai 3 Juli 2016 mendatang akan membuka penerbangan langsung Manado ke kota-kota besar di Cina. Rute penerbangan baru maskapai ini, berkat lobi orang nomor satu Sulut Olly Dondokambey, dalam upaya mensingkronkan status Bandara Udara Sam Ratulangi, yang juga bisa menerima langsung penerbangan dari China bebas Visa.

Seperti halnya penerbangan Lion Air yang disepakati ke 8 kota besar di Cina, status Bandara Sam Ratulangi bebas Visa dari negeri Tirai Bambu ini juga, bagian kerja OD-SK selama 3 bulan memimpin Sulut.

8 Kota tujuan Flight Manado – China, antara lain : Tiongkok, Shanghai, Shenzhen, Guangzhou, Makau, Wuhan, Chengdu dan Chongqing.

“Mulai 3 Juli penerbangan langsung Manado ke 8 kota di Tiongkok akan dibuka,” tandas Gubernur.

Usai pertemuan dengan pemilik Lion Air Rusdi Kirana, di Jakarta, Sabtu (14/05/2016), Gubernur Dondokambey langsung mempromosikan wisata Sulut pada 20 wartawan asal Tiongkok yang berkunjung ke Sulut sejak Jumat lalu.
Bahkan Gubernur melakukan wawancara eksklusif dengan dua TV asal Tiongkok, yaitu Shanghai TV dan Canton TV di salah satu hotel ternama di Manado.

Pada wawancara tersebut Gubernur mempromosikan wisata-wisata terkemuka di Sulut, seperti Taman Laut Bunaken, Danau Linow, Pulau Lih‎aga, Pantai Pall, Pantai Pulisan, keberadaan Tarsius di Tangkoko Bitung serta tempat-tempat wisata lain di Sulut. Budaya hingga makanan khas Sulut ikut dijelaskannya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur mengatakan, pihaknya akan mensupport penuh penerbangan langsung Manado ke kota-kota besar di Tiongkok tersebut. “Infrastruktur seperti jalan, dermaga dan fasilitas-fasilitas di tempat-tempat wisata akan dibenahi lebih baik, begitu juga kesiapan SDM, seperti tour guide hingga tenaga-tenaga pendukung, termasuk chef untuk masakan hingga pelayanan terhadap turis Tiongkok akan disiapkan,” terang Gubernur yang pada kesempatan itu ikut didampingi Wagub Drs Steven OE Kandouw bersama Ketua Deprop Andre Angouw.

Wagub Steven Kandouw juga menambahkan, keberhasilan dibukanya penerbangan Manado ke 8 kota besar di Tiongkok ini, adalah komitmen yang kuat dari Gubernur untuk memajukan pariwisata di Sulut, yang akan berdampak langsung pada peningkatan perekonomian daerah.
“Ini mutalk lobi langsung pak Gubernur,” tegas Wagub yang meminta semua SKPD Pemprop Sulut serta pemerintah kabupaten/kota se Sulut untuk sama-sama mendukung serta menopang pembukaan rute Manado-Tiongkok ini.

“Bersama seluruh masyarakat mari kita sambut dengan baik kunjungan ribuan turis Tiongkok ke daerah kita, begitu pun bagi masyrakat Sulut yang akan berwisata ke luar negeri, kini dapat langsung terbang dari Manado ke Tiongkok, karena perbangannya segera dibuka,” himbau Kandouw.

‎Sementara itu Direktur Lion Air Tiongkok William Wu bersama Respresentasi Lion Air Tiongkok Chandra Bong yang diwawancarai mengatakan, penerbangan Manado ke 8 kota di Tiongkok ini akan dimulai pada 3 Juli nanti. “10 sampai 12 flight dalam sepekan,” tandasnya.
“Dengan target selama sebulan 80 flight. Dan ini adalah skedul flight Lion Air,” ujar Bong.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*