Kamis, 19 September 2019

Terkait Kolintang, Pinkan Pusat Dan Jalasenastri Armatim Sambangi Minut

Vonny Panambunanmanadoterkini.com, DIMEMBE – Ingin mengenal lebih dekat musik tradisional Kolintang, Persatuan Insan Kolintang (Pinkan) Pusat, bersama Persatuan Ibu-Ibu Angkatan Laut Jalasenastri Armada Timur (Armatim), berkunjung ke Minahasa Utara (Minut), Senin (16/5/2016), di Desa Dimembe.

Ketua Jalasenastri Ina Darwanto, didampingi Sekjen Pinkan Pusat Juli Widiastuti Santoso, disambut hangat Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan (VAP) dan Kadisbudpar Minut Dra Femmy AM Pangkerego MPd ME, yang juga sebagai Ketua Pinkan Minut.

“Bersama grup Kolintang Jala Nada dari Jalasenastri TNI AL, kami datang ke Minut karena disini tempat asal mula kolintang, dan selain itu untuk menunjang Kolintang menuju UNESCO, untuk mendapatkan pengakuan sebagai salah satu budaya warisan dunia, kehadiran di Minut juga merupakan hadiah untuk ibu-ibu Jala Nada yang memenangkan lomba Kolintang Nasional piala ibu Negara di Surabaya beberapa bulan lalu,” terangnya.

Sementara itu, Bupati VAP sangat mengapresiasi kedatangan ibu-ibu Jalasenastri di Minut. Dan berharap ini jadi motivasi untuk perkembangan musik tradisional Kolintang kedepan.

“Bukan hanya di Minut saja, Saya berharap musik Kolintang akan lebih berkembang dan kebudayaan ini semakin maju dan mendunia,” tandasnya.(Pow)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*