Selasa, 10 Desember 2019

Astaga….Rumah Sakit Advent Ternyata Belum Sadar Kesehatan Lingkungan

blhmanadoterkini.com, SULUT - Rumah sakit yang seharusnya menjadi garda terdepan sebagai lembaga yang sadar akan kesehatan lingkungan, ternyata tidak demikian kenyataannya. Berdasarkan temuan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sulut, Rumah Sakit Andvent Manado, sangat buruk dalam pengolahan lingkungannya.

Kepala BLH Provinsi Sulut Roy Mewoh kepada manadoterkini.com, Selasa (17/05/2016) mengatakan, Rumah Sakit Advent Manado Penilaian Kinerja Pengolahan Lingkungan mendapat warna hitam. Ada lima kriteria penilaian hitam, biru, merah, hijau, emas.

“Jika merah masih bisa, kalau hitam sangat parah, berarti dia (Perusahan-red) tidak mempedulikan lingkungan. Dan ini bisa sampai ke pidana, sesuai peraturan yang ada, ” tandasnya.

“Rumah sakit Adven Propernya hitam, satu satunya rumah sakit yang di Sulut yang propernya hitam, namun karena fungsinya sosial, kita (BLH-red) mengambil langkah pembinaan, ” ungkapnya sembari mengatakan agar berikut bisa melakukan perubahan karena setiap tiga bulan BLH akan mengevaluasinya lagi.

Dengan rekomendasi yang telah dikeluarkan tiga bulan kita periksa lagi, pihak RS Advent menunjukan perubahan, karena tentunnya Rumah Sakit harus sehat lingkungan.

Dia juga menyampaikan, ada kurang lebih empat puluh perusahan yang dinilai di Sulut, dan banyak perusahan yang belum mengikuti Proper. Namun, kedepan wajib mengikuti proper, dan perusahan itu akan direkomendasi layak beroperasi atau tidak.

“Diwajibkan perusahaan yang belum mengikuti PROPER untuk segera mengikutinya, karena itu bagian dari penilaian layak atau tidaknya perusahaan tersebut beroperasi, ” tegas Mewoh.

Perlu diketahui, PROPER adalah penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan yang memerlukan indikator yang terukur.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*