Jum'at, 19 Juli 2019

Terkait DPU dan BKD Manado, Roring: Sudah Sesuai Aturan, Konfirmasi Saja ke Gubernur Sulut

Royke

Royke Roring

manadoterkini.com, MANADO – Pernyataan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Ir Steven Wakkary, Senin (16/5/2016) di Rakorev Baseline kepemimpinan Walikota Dr. GS. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan mengenai pelaksanaan mutasi/rolling pejabat yang dilakukan Penjabat Walikota Manado Ir Royke O Roring (ROR).

Terungkap dirakorev tersebut, pelantikan 12 pejabat Esalon II ternyata terancam dianulir Menteri Dalam Negeri (Mendagri), karena ROR waktu itu selaku Penjabat Walikota dan Sekkot Ir Haefrey Sendoh selaku Kepala Baperjakat, tidak mengindahkan salah satu poin yang terdapat dalam Surat Keputusan (SK) Mendagri, khsususnya pengangkatan dua Kepala SKPD yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Ir Ferry Siwi dan Kepala BKD Ir Steven Wakkary, yang oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberikan rekomendasi belum dapat disetujui melakukan pelantikan, sehingga dianggap “illegal”.

Penjabat Walikota telah melakukan rolling pejabat dengan memperhatikan surat KASN Nomor B507 perihal rekomendasi mutasi JPT eselon II. Namun ternyata yang menjadi pertanyaan adalah mengingat isinya adalah mutasi JPT Pratama, maka penetapan Kadis PU dan Kepala BKD belum dapat disetujui, mengingat status mereka bukan Pejabat Tinggi Pratama yang definitif. Oleh karena itulah KASN meminta penjelasan lebih lanjut terkait usulan rolling pejabat beberapa hari lalu. Dalam surat tersebut diterangkan bahwa pengangkatan dan penetapan Kadis PU dan Kepala BKD menunggu rekomendasi KASN. Surat tersebut Nomor B507 tertanggal 23 Maret 2016.

Saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (18/5/2016) Penjabat Walikota Manado periode 2015-2016 Ir. Royke Roring kepada manadoterkini.com mengatakan rolling di Pemkot Manado waktu lalu sudah sesuai kajian. Ia mengatakan telah dilaksanakan konsultasi ke Kementerian terkait langsung oleh Kepala BKD Kota Manado.

“Itu sangat benar jika Kepala Baperjakat (Sendoh -red) mengatakan Kepala BKD menulis pakai Spidol. Saya melakukan rolling sesuai aturan. Silakan konfirmasi langsung ke pemerintah pusat atau melalui wakil Pemerintah pusat di Sulut yakni pak Gubernur Olly Dondokambey,” singkat Roring. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*