Jum'at, 19 Juli 2019

GSVL-MOR Dilantik, Panantian Warga Manado Akhirnya Terwujud

“Orang-orang yang menabur dengan mencurukan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai” (Mazmur 126:5)

manado

PERJALANAN cukup panjang politik di Pilkada Manado bagi pasangan Dr Ir Godbless Sofcar Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Mor Dominus Bastiaan SE (GSVL-MOR) akhirnya anti-klimaks, setelah resmi diambil sumpah sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2016-2021, Senin 9 Mei 2016 pagi, dalam prosesi pelantikan yang dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE di Graha Gubernuran, Bumi Beringin.

Gubernur menyerahkan Surat Keputusan Mendagri Nomor 131.71-3493 Tahun 2016 tanggal 5 April 2016 tentang Pengangkatan Walikota Manado dan Nomor 131.71-3494 Tahun 2016 tanggal 5 April 2016 tentang Pengangkatan Wakil Walikota Manado periode 2016-2021. Sore harinya dilakukan acara penyambutan di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado.

Sukacita pun terpancar dari raut wajah keduanya. Kini, era baru pemerintahan di Manado pun akan mulai bergulir. Otomatis, semua kebijakan pemerintahan di etalasenya Sulut ini telah berada di tangan kedua figur yang diusung Partai Demokrat dan PKPI di Pilkada Manado 17 Februari 2016 lalu. Memulai amanah baru sebagai top eksekutif Manado, GSVL-MOR pun telah menyusun program jangka pendek.

Dan, dengan tegas keduanya mengatakan kalau evaluasi dan pengawasan secara optimal akan langsung diberlakukan, menyusul penyelarasan kinerja pejabat terhadap capaiannya akan semakin efektif bila didukung oleh kemampuan dalam mengolah beberapa program sesuai dengan visi menjadikan Manado Kota Cerdas. Capaian efektifitas kerja yang tergambar dalam APBD, akan dilaksanakan seoptimal mungkin, ditopang dengan pengawasan tata pemerintahan dimana dalam satu SKPD akan ada target program yang wajib dituntaskan.

Perjalanan cukup panjang GSVL-MOR tercermin dalam ayat Alkitab Mazmur 126:5 yang mengatakan bahwa “Orang-orang yang menabur dengan mencurukan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai”.(***)

MANADO

GS Vicky Lumentut bersama istri Paula Runtuwene dan anak-anak.(foto: hannykandou)

MANADO

MOR Dominus Bastiaan bersama istri Imelda Marcus dan anak-anak.(foto: hannykandou)

8 PROGRAM UNGGULAN GSVL-MOR 2016-2021

1). Dana sosial untuk lanjut usia (Lansia), difabel atau penyandang cacat, dan santunan dana duka;
2). Peningkatan kualitas layanan pengobatan gratis dalam program Universal Coverage (UC);
3). Peningkatan kualitas Program Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) Mapalus termasuk peningkatan Program Keamanan Lingkungan (Prokamling) dan pembangunan Ruang Publik (RTH & RTNH);
4). Peningkatan kesejahteraan PNS dan non-PNS termasuk peningkatan honor guru bantu, petugas kebersihan, dan kepala lingkungan;
5). Meningkatkan insentif bagi para rohaniwan;
6). Dana bantuan khusus pendidikan yaitu mitra bantuan dana riset bagi peneliti dan dosen Perguruan Tinggi. Beasiswa pendidikan bagi siswa yang kurang mampu SD, SMP, SMA dan Beasiswa mahasiswa (S1 untuk 3 orang per Lingkungan, S2 untuk 3 orang per Kelurahan dan S3 untuk 3 orang per Kecamatan);
7). Memperkuat program good governance and clean government dalam tata kelola pemerintahan dan peningkatan kualitas pelayanan publik satu atap secara online berbasis sistem dan teknologi informasi;
8). Pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja serta program pengembangan kreatifitas pemuda di bidang seni, olahraga, budaya dan teknologi.

Catatan: program kegiatan pembangunan urusan wajib lainnya, termasuk infrastruktur jalan, jembatan, drainase, penataan pasar dan PKL, serta sarana prasarana umum lainnya merupakan tugas rutin pemerintah yang wajib tertata dalam APBD setiap tahun.

Olly Ingatkan GSVL-MOR Realisasikan Janji Politik Melalui RPJMD

manado

PENYERAHAN SK Mendagri Nomor 131.71-3493 tentang Pengangkatan Walikota Manado periode 2016-2021.(foto: hannykandou)

manado

PENYERAHAN SK Mendagri Nomor 131.71-3494 tentang Pengangkatan Wakil Walikota Manado periode 2016-2021.(foto: hannykandou)

manado

Penghormatan oleh Walikota dan Wakil Walikota Manado kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey

GSVL-MOR

GSVL-MOR bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut memasuki Graha Gubernuran.

manado

GS Vicky Lumentut dan Mor Bastian bersama para istri

manado

Pengambilan sumpah janji oleh Gubernur Sulut Olly Dondokembey kepada Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil walikota MOr Bastian

GSVM

Pengambilan Sumpah Janji GSVL-MOR

GSVL-MOR

Penandatangan berita acara

GSVL-MOR

Foto bersama GSVL-MOR bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta istri

GUBERNUR Sulut Olly Dondokambey SE minta Walikota Manado terpilih dan Wakil Walikota Manado terpilih Dr Ir Goodbless Sovcar Vecky Lumentut SH MSi dan Mor Domianus Bastiaan dapat merealisasikan janji-janji politik yang diusung kedalam Visi dan Misi serta program kerja melalui RPJMD Kota Manado.

Pemintaan Gubernur itu disampaikan langsung saat melantik keduanya sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado Periode 2016-2021 di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Senin (09/04) berdasarkan Keputusan Mendagri No. 131.71-3492 Tahun 2016 Tanggal 5 April 2016 Tentang Pemberhentian Pj. Walikota Manado, No. 131.71-3493 Tahun 2016 Tanggal 5 April 2016 Tentang Pengangkatan Walikota Manado dan No. 131.71-3494 Tahun 2016 Tanggal 5 April 2016 Tentang Pengangkatan Wakil Walikota Manado.

“Tentunya terlebih dahulu harus mempertimbangkan kemampuan dan potensi daerah serta sinergitas dengan arah pembangunan bangsa saat ini yakni Nawacita dan tentunya Visi Pemerintah Provinsi yakni Terwujudnya Sulawesi Utara Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat Dalam Pemerintahan dan Politik, serta berkepribadian Dalam Budaya,” kata Dondokambey.

Langkah ini menurut Dondokambey, terlebih dahulu harus diawali dengan melakukan konsolidasi internal di jajaran Pemkot Manado, sekaligus menggalang sinergitas kerja dengan stakeholders pembangunan lainnya, termasuk segenap komponen masyarakat Kota Manado, serta Pemprov Sulut.

“Vicky-Mor dapat melanjutkan berbagai terobosan atau program kerja konstruktif yang telah dibangun selama ini di kota Manado, termasuk yang telah diupayakan oleh Pj. Walikota Manado sebelumnya,” tandas politisi PDIP ini.

Di sela sela pelantikan Vecky-Mor, Ketua TP PKK Sulut Ir Ibu Ritha Maya Dondokambey Tamuntuan melantik Ketua TP PKK Kota Manado Prof DR Ny. Julieta Paulina Amelia Lumentut Runtuwene MS DEA berdasarkan Keputusan Ketua TP PKK Prov. Sulut No. 07/KEP/PKK.PROV/V/2016 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua TP PKK Kota Manado. dan Surat Keputusan Dekranasda No 07/KEP/DEKRANASDA.PROR/V/2016 Tentang pemberhentian dan pengangkatan Ketua Dekranasda Kota Manado.

Turut hadir Wagub Drs Steven Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Sulut Dr Kartika Devi Kandouw Tanos, Sekprov Ir Siswa R Mokodongan, unsur forkopimda Sulut dan tamu undangan lainnya.(***)

Ini Pesan Mantan Penjabat Gubernur Sulut Sekaligus Dirjen Otda Kepada GSVL-MOR

sumarsono

Dirjen Otda Soni Sumarsono, mantan Penjabat Gubernur Sulut

Sumarsono : Komandangkan Terus Mari Ka Manado

MANTAN Penjabat Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM yang juga Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri RI lewat pesan khusus lewat media sosial medsos WA berharap dan minta agar Walikota Manado terpilih Goodbless Sovcar Vecky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan untuk terus melanjutkan program Mari jo Ka Manado guna mewujudkan Kota Manado sebagai daerah pintu masuk tujuan wisata di Provinsi Sulawesi Utara dan pada umum di Indonesia selain Bali.

Tagline Mari Jo Ka Manado MJKM adalah salah satu dari sejumlah giat dirinya selama masih menjabat Gubernur Sulut. “MJKM adalah upaya pemerintah Provinsi yang dikolaborasikan dengan seluruh Kabupaten Kota untuk mempromosikan potensi Pariwisata baik secara Nasional maupun Internasional,” jelasnya.

Apalagi dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw sangat mendukung penuh untuk mengangkat kembali Pariwisata Sulut yang kini mulai meredup setalah tidak masuk dalam 10 besar daerah tujuan Wisata di tanah air.

Sumarsono berkeyakinan dengan kepemimpinan ODSK dikolaborasikan dengan GSVL – MOR pariwisata Sulut pasti akan Hebat searah dengan Visi – Misi Manado Cerdas Sulut Hebat.

Selamat untuk Walikota dan Wakil Walikota Manado. Saya titipkan salam dan berharap untuk beberapa hal sbb :

1. Gaungkan terus spirit utk memajukan dan mengembangkan wisata Sulut, setidaknya di Kota Manado dg tagline #Marijo Ka Manado !

2. Wujudkan iklim yang kondusif, aman, dan rukun damai dengan mempercepat pembangunan Gong Kerukunan sebagai simbol kebulatan tekad masyarakat lintas agama untuk senantiasa menjaga dan mempererat KERUKUNAN, serta menjadikan taman Berkah dimana Gong Kerukunan akan ditempatkan, dapat menjadi tempat wisata…rekreatif warga dan sekaligus icon Manado.

3. Lakukan berbagai terobosan untuk dapat mengatasi kemacetan di Kota Manado, karena tidak sedikit Wisatawan mengeluh karena Manado yang macet dan kurang bersih kuala-pantainya.(***)

GSVL-MOR

Penandatanganan serah terima jabatan dari Pj Royke Roring kepada GSVL-MOR

manado

GSVL-MOR membawakan sambutan di acara serah terima jabatan di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado dari Penjabat Walikota kepada Walikota definitif.

GSVL-MOR

Doa bersama di ruang Kerja Walikota Manado

GSVL-MOr

Doa bersama di ruang kerja Wakil Walikota

GSVL-MOR Melalui Proses Hukum di MK Sebelum Dilantik

SEBELUM menuju pelantikan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Maando periode 2016-2021, sebuah proses hukum di Mahkamah Konsitusi (MK) sempat dilalui pasangan GSVL-Mor ini, karena pasangan Harley Mangindaan-Jemmy Asiku belum menerima hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas kemenangan GSVL-Mor. Namun, Hakim MK memutuskan bahwa gugatan yang dilayangkan Mangindaan-Asiku ini karena materi gugatan yang sangat lemah. MK pun memerintahkan KPU Manado sebagai penyelenggara Pilkada Manado untuk segera menetapkan GSVL-Mor sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado.(liputan khusus/aldi)

GSVL-MOR

Proses Hukum di MK

GSVL-MOR

Proses Hukum di MK

GSVL-mor

GSVL-MOr dijemput ribuan pendukung di Bandara Samratulangi usai menerima putusan Mahkama Konstitusi

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Syalom,
    Ini adalah 8 program luar biasa dari GSVL-MOR khususnya pada program ke 6 tentang beasiswa….
    Inilah program yang kami nantikan sebagai generasi muda SULUT khususnya Kota Manado….
    Namun, sekiranya berkenan mohon petunjuknya bagaimana mengurus beasiswa S1 dengan kuota 3 orang/lingkungan dan apakah itu berlaku untuk Perguruan Tinggi Swasta seperti UKIT khususnya Fakultas Teologi
    Terima Kasih
    Tuhan Yesus Memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*