Kamis, 19 September 2019

Hemat Anggaran, GSVL-MOR Imbau ASN Kurangi Kegiatan di Hotel

GSVL-MORmanadoterkini.com, MANADO — Program penghematan anggaran yang dicanangkan Presiden Jokowi didukung sepenuhnya Walikota Manado, GS Vicky Lumentut. Untuk itu Walikota pilihan rakyat yang berpasangan dengan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan mengimbau agar kepala SKPD dan pejabat serta ASN untuk hemat anggaran, termasuk mengurangi perjalanan dinas ke luar daerah.

Langkah cepat langsung diambil GSVL-Mor, yang dengan tegas mengeluarkan telah edaran larangan keluar daerah atau keluar negeri yang dianggap tidak perlu atau kurang penting bagi para pejabat SKPD baik Kepala Dinas/Badan, Kabag, Camat dan Lurah. Namun apabila memang rencana keberangkatan itu teramat penting dan punya nilai positif, maka para pejabat diwajibkan dan harus melapor dulu kepada Walikota GSVL maupun Wawali Mor.

Walikota sendiri ketika dimintai tanggapannya mengatakan bahwa surat edaran yang dikeluarkan pihaknya untuk seluruh pejabat SKPD di lingkungan Pemkot Manado terkait batasan adanya perjalanan dinas ke luar daerah atau luar negeri.

“Surat edaran yang dikeluarkan ini, merupakan program pro rakyat yang harus saya dan Pak Mor lakukan di awal kepemimpinan, dan itu termasuk di 100 hari program kerja kami yakni penghematan anggaran,” ujar GSVL.

Dikatakan Walikota dua periode itu, dirinya dan Mor dalam menjalankan pemerintahan di tahun anggaran 2016 ini akan berhemat, menyesuaiakan dengan anggaran yang ada saat ini.

“Jadi saat ini, tidak ada uang sepersen pun yang keluar percuma tanpa ada kejelasan. Kalau mau berangkat perjalanan dinas keluar daerah, harus melapor dulu guna menyampaikan maksud tujuan dan manfaat dari rencana kegiatan itu. Kalau bisa dipending, kenapa harus memaksakan diri berangkat. Jadi saat inilah, kebiasaan lama itu harus dihilangkan,” tegas Walikota GSVL serius.

Selain itu, Walikota juga meminta agar kepala SKPD yang akan melaksanakan acara sebaiknya dilakukan di ruang Serbaguna, dengan harapan untuk menghemat anggaran. “Saya mengimbau pada ASN jika melaksanakan kegiatan atau acara sebaiknya digelar di ruang serbaguna, jangan dilakukan d hotel, karena hanya membuang biaya. “Dengan melaksanakan di Serba Guna bisa menghemat anggaran,” tandas GSVL. (ald)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*