Rabu, 17 Juli 2019

Digelar Secara Serentak di Indonesia, FDW buka “Try Out” PTN di SMK N 1 Amurang

manadoterkini.com, AMURANG – Sekertaris DPD I PDI- Perjuangan Sulawesi Utara (Sulut) yang juga Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Frangky Donny Wongkar SH (FDW) pada Sabtu (21/5) ini secara resmi membuka acara “Try Out” (ujicoba) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  di SMK N 1 Amurang.

amurang“Acara Try Out secara Nasional ini digagas oleh PDI-Perjuangan dan diikuti kurang lebih  200 ribu peserta SMA/SMK sederajat di 34 Provinsi se-Indonesia,” kata Wongkar.

Wongkar menjelaskan, program “Try Out SBMPTN” ini merupakan bukti dan komitmen PDI – Perjuangan, khususnya Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora), pada dunia pendidikan dan generasi muda bangsa Indonesia.

“Langkah konkret Try Out ini juga menjadi cita-cita dari PDI – Perjuangan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara. Try Out ini bisa menjadi sarana‎ para siswa SMA/SMK sederajat menghadapi SMBPTN agar berhasil masuk PTN favorit terbaik di Indonesia,” tukasnya.

wongkarMenurutnya, ada empat tujuan “Try Out” adalah pertama, mempersiapkan mental dan psikologi para siswa pada saat menghadapi SBMPTN kerena suasana “Try Out” sama dengan suasana pada saat SBMPTN nanti.

Kedua, mempersiapkan para siswa cara pengisian data-data pribadi dan data pengisian lembar jawaban pada saat SBMPTN nanti. Karena banyak siswa melakukan kesalahan pada saat mengisi data-data dan lembar jawaban.

Ketiga, menjadi alat ukur para siswa mengenai kemampuan dan tujuan perguruan tinggi.

“Karena kami membuat soal-soal yang terukur dan identifikasi PTN saat Try Out,” jelasnya.

Dan terakhir atau keempat, memberikan pemahaman para siswa dalam menentukan universitas unggulan misalnya daya tampung dan grade universitas.

Dia menambahkan, program edukasi tersebut merupakan komitmen PDI – Perjuangan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memfasilitasi para siswa SMA/SMK sederajat di Kabupaten Minsel dalam menghadapi SBMPTN nanti.

“Karena itu, materi Try Out yang disajikan mirip soal yang keluar dalam SBMPTN sepuluh tahun terakhir,” tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Sekertaris DPC PDI-Perjuangan Minsel Marco Tawas, Wakil Ketua DPC PDI-P Minsel yang juga Anggota DPRD Sulut dari fraksi PDI-P, Boy Tumiwa, Kabid Dikmen Dikpora Minsel Dra Fien Runtuwene, para Kepsek dan seluruh siswa-siswi SMA/SMK di Minsel.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*