Selasa, 10 Desember 2019

Hadiri RDP Ketenagalistrikan, Mantiri : GM PLN Sulutenggo Siap Dukung IHP dan KEK Bitung

manadomanadoterkini.com, BITUNG – Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri mengikuti Rapat Dengar Pendapat ‎(RDP) tentang pengembangan sistem kelistrikan regional. Dimana kegiatan tersebut diselengarakan Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ‎bertempat Gedung Nusantara V Jakarta, Selasa (25/05/2016)‎.

Mantiri menjelaskan, “RDP ini dilakukan terkait permasalahan listrik ‎nasional, intinya DPD RI mendesak agar PLN dapat memperbaiki meperluas ‎jaringan distribusi interkoneksi untuk mengatasi permasalahan listrik dan
memprioritaskan pembangunan pembangkit listrik di semua daerah hingga yang ‎terpencil, “katanya‎.

Mantiri juga menambahkan bahwa “PLN didesak agar mengikutsertakan pemerintah dalam penyusunan ‎rencana usaha penyediaan tenaga listrik agar pembangunan ketenagalistrikan ‎sesuai dengan kebutuhan daerah. D‎isamping itu, PLN diminta berkoordinasi dengan pemerintah agar program ‎pembangunan klistrikan dapat berjalan dengan baik, begitu pula dengan ‎pemerintah daerah agar bersama-sama memberi pemahaman kepada masyarakat ‎untuk mendukung proyek ketenagalistrikan, Membantu penyelesaian perijinan ‎yang diperlukan dalam proyek pembangkit dan transmisi dan Membangun sarana ‎dan infrastruktur pendukung untuk ketenagalistrikan, “ungkap Mantiri‎

Terkait hal ini, Mantiri berkesimpulan tentang RDP tersebut. Dimana Tingkat Rasio ‎Elektrifikas kelistrikan Kota bitung mencapai 78,1%, sedangkan kendala ‎Pembangunan Pembangkit Listrik ‎terbentur pada Proses perizinan, lokasi pembangunan tidak sesuai dengan ‎RTRW dan pembebasan lahan.

“Tentunya kami segera mengkaji dan ‎menindaklanjuti arahan Komite II DPD RI dimana hal ini merupakan desakan ‎agar PLN bekerjasama dengan pemerintah guna memenuhi kebutuhan pasokan ‎listrik bagi seluruh masyarakat, “ tuturnya.

Lanjutnya, “GM PLN sulutenggo telah meyatakan kesiapan ‎dalam mendukung Internasional Hub Port (IHP) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, dimana mereka telah membangun ‎Pembangkit tenaga listrik dan sudah dibuat gardu listrik dengan daya 30MVA, ‎“kunci Mantiri.(ref)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*