Selasa, 10 Desember 2019

Spektakuler…! 100 Hari Kepemimpinan EMAS, Pemkot Tomohon Hattrick WTP

wtpmanadoterkini.com, TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon hari ini Jumat 27 Mei 2016 menerima hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Penyerahan Opini hasil Pemeriksaan ini diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Utara Ibu Endang Tuti Kardini SE MM kepada Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bersama Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan dan Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky J Wenur dan turut disaksikan jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Walikota Tomohon dalam sambutannya mengatakan Kota Tomohon merupakan Kota pertama di Sulawesi Utara yang telah menerima hasil penilaian dari BPK di antara 15 kabupaten dan kota yang ada di Sulut, Tomohon juga yang pertama di Indonesia yang telah menerima LHP dari BPK RI pada hari ini yang meraih WTP.

“Oleh karena itu dari hati yang tulus saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BPK RI Provinsi Sulawesi Utara. Ini adalah kado yang sempurna karena merupakan bagian dari keberhasilan kami dalam kepemimpinan selama seratus hari sejak di lantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tomohon pada tanggal 17 Februari 2016 yang lalu,” kata Eman.

Kami juga mengucapkan terima kasih karena sudah tiga tahun berturut-turut meraih opini WTP meskipun beberapa tahun sebelumnya Tomohon mendapat opini disclaimer.

Ini merupakan keberhasilan semua pihak bukan hanya jajaran pemerintah Kota Tomohon. Dari sisi keterbukaan maka teguran-teguran dan arahan dari tim BPK RI ini juga yang membuat Kota Tomohon berhasil. Sebab tanpa ruang yang terbuka untuk melakukan konsultasi yang baik maka prestasi ini akan sulit kita dapat dan komitmen ini merupakan komitmen yang luar biasa.

“Saya memberikan apresiasi juga kepada DPRD Kota Tomohon yang melibatkan diri dan di tahun yang lalu kemitraan antara Pemrintah Kota dengan DPRD meraih yang terbaik di Indonesia dan mendapat penghargaan. Kemitraan kemitraan seperti ini kita teruskan dengan instansi –instansi lainya seperti BPK dan yang lainnya,” tuturnya.

Eman mengakui ada Sembilan yang merupakan kelemahan dalam disain dan penerapan system pengendalian intern dan sebanyak empat belas temuan yang terkait kepatuhan terhadap perundang-undangan, namun temuan-temuan tersebut menurut BPK secara langsung tidak berpengaruh terhadap laporan keuangan dan pemberian opini WTP. Oleh karena itu Walikota menegaskan Pemerintah Kota Tomohon tentu siap untuk menindak lanjuti ini bersama-sama.

Sebelumnya Ketua DPRD Ir Miky Junita Wenur dalam sambutanya memberikan ucapan selamat kepada Walikota Tomohon dan jajarannya yang kembali meraih WTP menurutnya ini merupakan kewajiban yang harus di capai oleh Pemerintah Kota Tomohon. (toar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*