Jum'at, 6 Desember 2019

Fantastis… Bitung Raih WTP Kelima

wtp bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Fantastis, itulah kata yang pantas untuk Pemerintah Kota Bitung. Dimana untuk kembali kalinya meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ‎dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

wtp bitungPenghargaan WTP tersebut diserahkan oleh kepala BPK RI perwakilan Provinsi ‎Sulawesi Utara Endang Tuti Kardiani dan diterima Walikota Bitung ‎Maximiliaan J Lomban, SE, MSi yang didampingi Ketua DPRD Kota Bitung Laurensius ‎Supit, Senin (30/5) di Aula kantor BPK-RI Perwakilan Provinsi ‎Sulut.

wtp bitungLomban menyampaikan terima kasih dan apresiasi Kepada BPK yang telah ‎berkontribusi positif terhadap laporan hasil pemeriksaan, sehingga kota ‎Bitung mampu meraih gelar WTP kelima kalinya secara berturut-turut sejak ‎tahun 2011.

w“Hasil pemeriksaan tersebut hampir semua yang kita ‎lakukan sudah sesuai dengan prosedur standar akutansi berbasis aaktua. ‎Dimana pemeriksaan dilakukan pada Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, ‎Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)  Laporan ‎Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Laporan Perubahan Saldo ‎Anggaran Lebih, hanya ada beberapa rekomendasi yang harus kita lebih ‎perbaiki lagi,” jelas Lomban yang saat itu didampingi Wakil Walikota Bitung I‎r. Maurits Mantiri.

Perolehan opini WTP kelima dari BPK terhadap laporan hasil pemeriksaan ‎Pemkot Bitung tahun 2015 ini, menurut Lomban murni didasarkan pada upaya ‎pemerintah Kota Bitung untuk terus memperbaiki dan semaksimal mungkin
meminmalisir kesalahan yang terjadi pada tahun sebelumnya lewat bimbimgan ‎dan arahan dari pihak BPK, serta ditunjang dengan konsistensi dari segenap ‎SKPD dalam menata kelola keuangan Anggaran APBD.‎

Terkait dengan batas waktu 60 hari yang diberikan BPK terkait catatan ‎rekomendasi atas hasil pemeriksaan LHP kota Bitung tahun 2015, Lomban mengatakan waktu tersebut cukup untuk Pemkot Bitung merealisasinya dan ‎dirinya berjanji catatan rekomendasi tahun ini tidak akan terulang di tahun depan.

“Hal ini adalah komitmen pemkot Bitung untuk terus mempertahankan ‎prestasi yang selama ini diraih bahkan terus ditingkatkan guna terwujudnya ‎pengelolaan keuangan yang berkualitas di Kota Bitung,”pungkasnya.(refly)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*