Rabu, 11 Desember 2019

Mantiri Meletakan Batu Pertama Pembangunan I‎PAL Komunal

mantirimanadoterkini.com, BITUNG – Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri ‎meletakkan batu pertama untuk pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal bertempat di Kelurahan Mawali, Kecamatan Lembe Utara, Senin (30/05/2016)‎.

Pembangunan IPAL Komunal sendiri merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang petunjuk teknisnya (Juknis) dianggarkan lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bitung.

Pembangunan IPAL ini juga dalam rangka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM ) XIII dan Hari ‎Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( HKG-PKK ) ke-44‎.

“IPAL komunal selain mencegah tercemarnya air tanah, air limbahnya juga bisa untuk pupuk tanaman,‎”katanya‎.

Lanjutnya, kedepan proyek ini juga bisa digunakan untuk menampung gas yang berasal dari Air. Kemudian gas tersebut ‎dapat disalurkan kembali ke ‎rumah-rumah penduduk.

“Dapat dilihat ‎di tempat pembuangan akhir (TPA) Aertembaga, telah berhasil menampung Air ‎limbahnya dan disalurkan dalam bentuk gas kerumah-rumah warga dengan gratis,‎ jadi masyarakat sudah tidak perlu lagi beli gas,”kata Mantiri‎.

Mantiri pun berharap, dengan adanya proyek ini masyarakat ‎Mawali bisa merasa lebih mudah dalam hal yang berkaitan dengan Pengolahan ‎Air Limbah. “Diharapkan juga masyarakat memanfaatkan baik-baik fasilitas ini,”tutupnya‎.(ref)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*