Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBitung

Mantiri Hadiri Rakor Pengembangan Provinsi Sulut

×

Mantiri Hadiri Rakor Pengembangan Provinsi Sulut

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, BITUNG – Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) terkait Rencana ‎Pengembangan Provinsi Sulawesi Utara khususnya dalam  pengembangan ‎pelabuhan Kota Manado dan kota Bitung, Kamis (02/06/2016).

Rakor sendiri dipimpin langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE dan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Prof. ‎Dr. Sri Adiningsih, bertempat di Ruang Kerja Gubernur Sulut.‎

Dalam Rapat tersebut dibahas berbagai rencana jangka panjang terkait ‎pengembangan pelabuhan Manado dan Bitung yang disesuaikan dengan program ‎prioritas Pemerintah Sulawesi Utara dalam bidang Infrastruktur yang sejalan ‎dengan Program Nawa Cita dari pemerintah pusat dibawah pimpinan Presiden ‎Jokowi.

Selain itu, juga dibahas tentang berbagai kendala yang menghambat ‎perkembangan didaerah Sulawesi Utara termasuk di kota Bitung.

Dalam kesempatan itu, Mantiri memaparkan berbagai hal yang menghambat ‎pertumbuhan ekonomi di kota Bitung.

“Produk ikan asal Filipina khususnya tuna ‎segar dan tuna kaleng yang dipasarkan di Uni Eropa tidak dikenakan pajak, namun untuk Indonesia dengan produk yang sama, dikenakan pajak bea masuk 19 ‎hingga 24,5%.

Pasalnya, Filipina mendapatkan fasilitas generalised system of ‎preferences (GSP) plus oleh Uni Eropa, sedangkan kita di Indonesia tidak,” ungkapnya.

Lanjutnya lagi, masalah kejelasan status kewarganegaraan bagi tenaga kerja ‎asing yang menyebutkan diri mereka Philipina Sangir (Phisang) sekitar 1400 ‎orang yang tinggal di Bitung, belum termasuk di Minahasa Utara dan Manado.

“Ribuan warga asing Filipina yang mengaku keturunan Indonesia di kota Bitung sudah puluhan tahun tidak memiliki status hukum warga negara ‎yang jelas”, ujar Mantiri disaksikan Walikota Manado Vicky Lumentut dan ‎Ketua DPRD Prov Sulut Andrei Angouw.

Mantiri berharap, setelah mendapat informasi tentang hal tersebut, dapat ‎menjadi bahan pertimbangan dari Wantimpres untuk diteruskan ke Pemerintah ‎Pusat sehingga kedepannya bisa ada solusi terbaik untuk berkembangnya ‎pertumbuhan di Sulawesi Utara di berbagai bidang  termasuk di Kota Bitung.(ref)